Bisnis Salon Kucing, Layanan Perawatan Anabul Kesayangan

Bisnis salon kucing atau pet grooming akhir-akhir ini menjamur di beberapa kota besar, seiring dengan semakin banyaknya keluarga yang merawat hewan peliharaan. Memelihara hewan kesayangan dipercaya dapat mengajarkan kepada anak untuk menyayangi sesama makhluk Tuhan. Selain itu mampu menjadi teman ketika kesepian, menghibur diri dan keluarga, dan baik juga untuk kesehatan tubuh.

Daftar Isi

Apa itu Salon Kucing

Salon kucing sering juga disebut sebagai cat grooming, adalah tempat di mana layanan perawatan dan kecantikan untuk hewan peliharaan, yaitu kucing. Layanan ini biasanya mencakup pemotongan bulu, mandi, penyikatan, pemotongan kuku, pembersihan telinga, dan perawatan lainnya yang bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaan.

Beberapa salon kucing juga menawarkan layanan tambahan seperti spa, pewarnaan bulu, dan aksesori untuk hewan. Salon kucing biasanya dikelola oleh profesional yang terlatih dalam perawatan hewan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan hewan selama proses perawatan.

Pemilik bisa membawa anabul kesayangan ini ke salon kucing langganan. Bagi pemilik kucing yang sibuk, sekarang pun sudah ada layanan salon kucing ke rumah-rumah.

Perlengkapan Salon Kucing

salon kucing
suasana salon kucing

Perlengkapan yang biasanya digunakan di salon kucing meliputi berbagai alat dan produk untuk memastikan perawatan yang efektif dan aman.

Berikut adalah beberapa perlengkapan utama yang biasanya ditemukan di salon kucing:

  • Meja Grooming: Meja khusus dengan permukaan non-selip dan seringkali dilengkapi dengan pengikat untuk menjaga hewan tetap di tempat selama perawatan.
  • Gunting dan Clipper: Berbagai jenis gunting dan clipper digunakan untuk memotong bulu hewan. Clipper seringkali memiliki berbagai ukuran pisau untuk panjang potongan yang berbeda.
  • Sisir dan Sikat: Berbagai jenis sisir dan sikat, seperti sikat pin, sikat bulu, dan sikat de-shedding, digunakan untuk menghilangkan rambut mati dan menjaga bulu tetap sehat.
  • Pengering Bulu (Blower): Pengering khusus yang dirancang untuk hewan peliharaan, yang lebih tenang dan aman dibandingkan dengan pengering rambut manusia.
  • Bak Mandi: Bak mandi khusus untuk memandikan hewan peliharaan, sering dilengkapi dengan sprayer dan sistem drainase yang mudah digunakan.
  • Shampoo dan Kondisioner: Produk pembersih khusus yang dirancang untuk kulit dan bulu hewan peliharaan, tersedia dalam berbagai formula sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan spesifik hewan.
  • Pemotong Kuku dan Pengikir Kuku: Alat untuk memotong dan mengikir kuku hewan peliharaan untuk menjaga panjang kuku yang sehat dan mencegah cedera.
  • Cotton Bud dan Pembersih Telinga: Alat dan produk untuk membersihkan telinga hewan peliharaan, membantu mencegah infeksi telinga.
  • Handuk dan Jubah: Digunakan untuk mengeringkan hewan setelah mandi dan menjaga mereka tetap hangat.
  • Pengharum dan Produk Perawatan Tambahan: Produk seperti pengharum bulu, detangler, dan produk perawatan khusus lainnya untuk memberikan hasil akhir yang maksimal.

Dengan perlengkapan ini, salon kucing dapat memberikan perawatan yang komprehensif untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan penampilan hewan peliharaan.

Proses Memandikan Kucing

memandikan kucing
proses memandikan kucing

Memandikan kucing bisa menjadi tugas yang menantang, karena pada dasarnya di alam aslinya, kucing tidak pernah mandi pakai air. Tapi kucing memang terkenal sebagai hewan yang bersih, dengan tabiatnya yang menjilati tubuhnya. Perilaku ini sering dinamakan sebagai mandi kucing.

Agar proses memandikan kucing aman dan tanpa kendala perlu persiapan dan pendekatan yang tepat, agar prosesnya bisa berjalan lancar.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memandikan kucing:

Persiapan

Persiapkan Alat dan Bahan

  • Shampo khusus kucing (jangan gunakan shampo manusia)
  • Handuk lembut
  • Sikat atau sisir kucing
  • Wadah air atau shower dengan air hangat (bukan panas)
  • Kapas untuk melindungi telinga kucing dari air
  • Handuk besar untuk mengeringkan kucing

Pilih Lokasi yang Tepat

Bathtub kecil atau wastafel besar bisa digunakan. Pastikan area tersebut nyaman dan aman untuk kucing.
Bila kalian memanggil layanan cat groomer ini ke rumah, bisa dilakukan di kamar mandi di rumah saja.

Persiapan Kucing

Sisir bulu kucing sebelum mandi untuk menghilangkan kotoran dan rambut yang kusut.
Potong kuku kucing untuk mencegah cedera jika kucing menjadi gelisah.

Proses Memandikan

Isi Air

Isi wadah dengan air hangat hingga setinggi perut kucing. Pastikan suhu air nyaman dengan mengetesnya dengan tangan.

Lindungi Telinga

Masukkan kapas ke telinga kucing untuk mencegah masuknya air. Jangan masukkan terlalu dalam, cukup di bagian luar.

Basahi Bulu Kucing

Perlahan basahi bulu kucing mulai dari leher hingga ke ekor. Hindari area kepala pada awalnya.

Aplikasikan Shampo

Tuangkan shampo khusus kucing ke tangan, kemudian usapkan ke seluruh tubuh kucing secara merata. Jangan sampai shampo terkena mata, telinga, atau mulut kucing.

Bilas

Bilas bulu kucing dengan air hangat hingga semua shampo hilang. Pastikan tidak ada sisa shampo yang tertinggal karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

Bersihkan Wajah

Gunakan kain basah untuk membersihkan area wajah kucing dengan hati-hati.
Pengeringan

Keringkan dengan Handuk

Segera bungkus kucing dengan handuk besar dan keringkan bulunya secara perlahan. Usap lembut untuk menyerap sebanyak mungkin air.

Pengeringan Tambahan

Jika kucing tidak takut dengan suara hair dryer, gunakan pengaturan rendah dan suhu hangat untuk mengeringkan bulu kucing lebih lanjut. Jarakkan hair dryer dari kucing untuk mencegah panas berlebihan.

Sisir Bulu

Setelah kucing setengah kering, sisir bulunya untuk menghindari kekusutan.

Tips Tambahan

Tetap Tenang dan Sabar

Memandikan kucing bisa menjadi pengalaman yang menegangkan bagi mereka. Tetap tenang dan berbicara dengan suara lembut untuk menenangkan kucing. Ada kucing-kucing yang sudah biasa dimandikan jadi tenang-tenang saja diguyur air, tetapi tetap saja ada kucing-kucing yang menolak dan berontak, sih…

Hadiah

Berikan hadiah atau camilan setelah mandi untuk menciptakan asosiasi positif dengan mandi.

Dengan pendekatan yang lembut dan penuh perhatian, memandikan kucing dapat menjadi pengalaman yang lebih mudah dan tidak terlalu menegangkan baik bagi cat lovers maupun anabul kesayangan.

kiri) anabul Larry siap dimandikan dengan shampoo wangi semangka… 😀 … kanan) sudah kinclong…

Penutup

grafik kucing hewan peliharaan favorit
kucing hewan peliharaan favorit

Menurut penelitian kucing merupakan hewan peliharaan favorit di Indonesia. Cara memeliharanya yang cukup mudah dan hewan tersebut jinak, membuat berkembang pula toko penjual makanan kucing dan bisnis salon kucing.

Cat grooming ini dapat kalian lakukan secara mandiri maupun oleh tenaga profesional. Grooming mandiri dapat meliputi menyikat bulu, memandikan, memotong kuku, membersihkan telinga, dan membersihkan mata.

Namun, jika kalian tidak memiliki waktu tentu saja dapat menggunakan tenaga profesional dari bisnis salon kucing. Grooming oleh profesional dapat dilakukan di salon kucing atau layanan datang ke rumah. Sehingga, kucing mendapat perawatan yang berkualitas tanpa harus mengganggu jadwal sehari-hari.

Biasanya kucing yang telah mengalami grooming seperti ini bulunya halus, lembut, dan wangi. Kukunya yang sering menyebabkan sofa dan korden compang-camping pun sudah terpotong rapi.
Nah, gimana? Sudah siap membawa anabul kesayangan untuk perawatan?

Semoga bermanfaat.

8 pemikiran pada “Bisnis Salon Kucing, Layanan Perawatan Anabul Kesayangan”

  1. Kucing-kucing pun asyik menjalani perawatan ya mbak.
    Memandikan kucing nih tricky ya, karena bisa aja si kucing langsung berontak ngerasa ada air mengenai bulunya.

    Terus kayak mbujuk anak kecil biar mau mandi, mesti dikasih hadiah kalau udah mandi. Duh menggemaskan sekali jadinya

    Balas
  2. Bisnis yang cakep ini
    terlebih kan untuk yang memiliki kucing memang perlu merawat kucingnya.
    Apalagi di masa kini, sudah banyak juga yang aware dengan perawatan kucing

    Balas
  3. Ya ampun itu kinclong bener si Larry sehabis mandi.
    Bisnis salon kucing memang menjanjikan ya, apalagi kucing adalah hewan peliharaan favorit di Indonesia.
    Tetangga sebelah rumah saya punya sekitar 10 an kucing. Jadi dalam sebulan dijatah sekali masing-masing kucing nyalon. Pemilik rumahnya aja malah enggak ke salon katanya 🙂

    Balas
  4. Ternyata banyak juga perlengkapan utama di salon kucing ya, Mbak. Kucing kesayangan jadi nyaman saat nyalon. Dan memang tantangan itu saat memandikan kucing ya, karena kucing katanya takut air hehehe.

    Balas
  5. Di kompleks ku aja ada kali sekitar delapan pet shops yang melayani pemandian kucing. Menurut pemilik, grooming dan menjualan berbagai jenis makanan adalah profit yang terbesar. Dan memang lebih baik tersedia dokter hewannya juga. Jadi pelayanannya lengkap.

    Jadi penasaran pengen tahu nilai investasinya kalau buka bisnis ini. Menarik juga untuk didalami karena jumlah publik yang memelihara hewan (khususnya kucing) semakin meningkat ya.

    Balas
  6. Senang ya sekarang udah marak salon kucing ini
    Sering banget saya lihat kucing cantik berkeliaran di sekitar rumah
    dan pastinya walau cantik nampak kotor
    Tapi mau saya pelihara takut banyak kutu atau apa
    Dengan adanya salon kucing, kita bisa merawat mereka di rumah dengan tenang

    Balas
  7. Kemarin temen suami ada yang mau bikin salon dan hotel kucing.
    Investasi karena memang sekeluarga pecinta kucing banget.
    Kucing rasnya banyaaaakkk.. Dan suka banget dikasih-kasihin ke orang saking beranak dan tumbuh dengan baik.

    Bisnis yang menjanjikan yaah..

    Balas

Tinggalkan komentar