Cara Kerja Bisnis Online Afiliasi, Langkah Awal Mulai Berbisnis

Bisnis online afiliasi, juga dikenal dengan istilah affiliate marketing, adalah strategi pemasaran performance-based ketika kita bisa mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan perusahaan lain.

Konsep dasar cara kerja bisnis online afiliasi mirip dengan sales commission tradisional, tetapi transaksinya dilakukan secara online.  Kita tidak perlu memiliki produk sendiri atau  berurusan dengan  inventaris  dan pengiriman barang.  Tugas afiliate adalah mempromosikan produk pihak lain dan  mendapatkan komisi  dari setiap penjualan yang dihasilkan melalui usaha promosi yang kita lakukan.

Daftar Isi

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu berbagai pihak yang terlibat agar bisnis online afiliasi ini dapat berjalan dengan lancar.

Berikut adalah para “pemain” dan cara kerja bisnis online afiliasi:

  • Merchant (Pemilik Produk): Perusahaan atau individu yang memiliki produk atau layanan yang ingin dipromosikan.
  • Affiliate (Penerbit): Merupakan pihak yang mempromosikan produk atau layanan merchant. Bisa bloger, content creator, influencer, atau siapa saja yang bekerja secara online.
  • Customer (Pelanggan): Orang yang membeli produk atau layanan dari merchant setelah melihat promosi yang kita lakukan.
  • Pendaftaran: Kita mendaftar ke program afiliasi yang ditawarkan oleh merchant. Banyak merchant menyediakan program afiliasi melalui website mereka atau platform afiliasi khusus. Bisa melalui website, Youtube, Instagram, atau media sosial lainnya.
  • Mendapatkan Link Afiliasi: Setelah terdaftar, maka akan mendapatkan link afiliasi khusus. Link ini berisi kode unik yang melacak apakah penjualan berasal dari promosi yang kita lakukan.
  • Promosi: Promosikan produk atau layanan merchant menggunakan link afiliasi yang telah diperoleh. Kita bisa memasangnya di website, blog, media sosial, email, atau channel marketing lainnya.
  • Pelanggan Membeli: Ketika pelanggan mengklik link afiliasi dan melakukan pembelian dari website merchant, penjualan tersebut akan tercatat sebagai hasil promosi kita.
  • Komisi: Affiliate akan mendapatkan komisi dari merchant berdasarkan harga produk yang dibeli atau persentase dari total penjualan.

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Seperti dijelaskan di atas, cara kerja bisnis online afiliasi adalah strategi pemasaran performance-based ketika kita bisa mendapatkan komisi.

Boleh dibilang kita bisa mulai bisnis online afiliasi dengan modal yang minimal, bahkan tanpa modal sama sekali. Hal utama yang diperlukan hanyalah perangkat elektronik dan koneksi internet untuk melakukan promosi.

Bisnis online afiliasi, sangat flesibel, karena bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja. Bisnis ini bisa menyesuaikan waktu kerja sesuai dengan kesibukan kalian.

Selain itu tidak ada batasan penghasilan dalam bisnis afiliasi. Semakin banyak penjualan yang dihasilkan, semakin besar komisi yang akan didapatkan.

Keuntungan bisnis online afiliasi adalah tidak perlu repot untuk mengurus produk. Misalnya harus melakukan pembelian produk fisik, mengelola stok, atau menangani pengiriman barang. Fokus kita pada promosi yang sekarang berupa digital marketing.

Bisnis afiliasi berpotensi menjadi bisnis jangka panjang jika kita konsisten membangun audiens yang tertarik dengan produk atau layanan yang dipromosikan.

Persiapan Untuk Memulai Bisnis Online Afiliasi

Sebelum memulai bisnis afiliasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pilih produk yang relevan: Pilih produk atau layanan yang relevan dengan niche atau target audience kalian. Promosi akan lebih efektif jika kamu mengetahui dan memahami kebutuhan audiens.
  • Pilih program afiliasi yang bereputasi baik: Pastikan kamu bergabung dengan program afiliasi yang bereputasi baik dan menawarkan komisi yang menarik.
  • Promosi yang jujur dan transparan: Lakukan promosi secara jujur dan transparan. Informasikan kepada audiens bahwa kamu mendapatkan komisi jika mereka membeli melalui link afiliasi kalian.
  • Bangun kepercayaan audiens: Bangun kepercayaan audiens dengan memberikan informasi yang bermanfaat dan review produk yang jujur. Audiens yang percaya akan lebih cenderung untuk membeli melalui link afiliasi kalian.

Dengan  perencanaan yang tepat, pemilihan produk yang strategis, dan promosi yang efektif, bisnis afiliasi  berpotensi  menjadi  sumber penghasilan  yang  menarik  dan  menguntungkan.

Program Afiliasi Accesstrade Untuk Bloger

Sebelumnya kita perlu berkenalan dengan Accesstrade yaitu sebuah jaringan affiliate marketing yang menyediakan berbagai campaign dari brand-brand terkemuka.

Accesstrade adalah platform pemasaran afiliasi terkemuka di Asia Tenggara, dengan kehadiran yang kuat di Indonesia. Ini pada dasarnya bertindak sebagai jembatan antara pengiklan (merek atau pedagang) dan penerbit (individu atau bisnis yang mempromosikan produk).

Bagi kalian sebagai bloger, maka posisinya adalah sebagai publisher/penerbit. Nantinya kalian akan mendapatkan komisi untuk setiap action yang terjadi (sales, install, register, session, leads) melalui link afiliasi ACCESSTRADE.

Cara Mendaftar Menjadi Influencer Accesstrade

cara mendaftar accesstrade
cara mendaftar accesstrade

Bila kalian ingin bergabung dengan Accesstrade untuk mendapatkan peluang cuan, berikut cara mendaftarnya. Kalian bisa mendaftar melalui website https://accesstrade.co.id/ atau melalui ponsel.

  • Kunjungi halaman registrasi untuk influencer dan publisher.
  • Kemudian kamu akan mendapatkan pilihan influencer atau publisher. Pilih sebagai Influencer, karena publisher adalah untuk konten kreator yang akan menjalankan affiliate marketing menggunakan blog atau artikel.
  • Isi data kamu dengan lengkap dan sesuai.
  • Klik ‘Register’ untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  • Selanjutnya kamu kunjungi halaman login ACCESSTRADE.
  • Masukkan email dan password kamu yang sudah didaftarkan.
  • Klik ‘Log in’ untuk login ke akun kamu.

Cara Mendaftar Campaign

akun accesstrade
langkah membuat akun

Ada beberapa kategori afiliasi yang bisa kalian pilihan di website-nya Accesstrade, yaitu:

  • Automotive
  • E-commerce
  • Education
  • Entertainment
  • Finansial Services
  • Games
  • Online Services
  • Telecommunications
  • Travel and Leisure

Jika kamu telah melakukan proses pendaftaran dan berhasil log in atau masuk ke dalam dashboard, maka langkah-langkah selanjutnya untuk dapat menjalankan campaign adalah mendaftar berbagai campaign yang bisa dicek di dashboard. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Scroll dashboard untuk memilih campaign yang tersedia dan sesuai dengan target audiens kamu.
  • Klik ‘Detail’ pada campaign yang diinginkan.
  • Baca ketentuan campaign dengan teliti.
  • Klik ‘Apply Now’ untuk mendaftar campaign.
  • Pasang script di blog kalian sesuai ketentuan. Untuk platform WP dipasang melalui plug in “head & footer code”.
  • Publisher perlu menunggu beberapa waktu agar permintaan menjalankan campaign kamu di approve oleh tim Accesstrade.
dashboard accesstrade
campaign brand yang diikuti oleh jadibisnis.com

Bila scriptnya yang disematkan di blog terpasang dengan benar biasanya akan muncul CTA (call to action) yang diarahkan ke marketplace atau website brand yang menawarkan campaign. Kompensasi akan diperoleh bloger bila audiens benar-benar melakun transaksi dan ada pembayaran.

CTA (call to action)
contoh CTA di artikel bloger yang mereview sebuah produk

Penutup

Program afiliasi Accesstrade hanyalah salah satu dari bisnis online afiliasi yang bisa diikuti oleh bloger. Ada beberapa jenama lain yang juga menawarkan afiliasi, misalnya provider hosting dan domain, marketplace backlink, atau bergabung dengan personal yang menawarkan melalui media sosial.

Walaupun seolah kita engga ngapa-apain hanya menyantolkan script atau link ke dalam website atau blog, tetap saja harus melalukan marketing. Influencer/bloger harus tahu cara kerja bisnis online afiliasi ini. Kalau diam saja, lalu tidak ada audiens yang tahu, akibatnya tidak akan ada transaksi.

Bisnis ini sama halnya dengan semua usaha baik offline maupun online, kita tetap harus melakukan marketing melalui internet. Bloger pun sekarang juga dituntut piawai menggunakan media sosial sebagai sarana untuk digital marketing. Maka bisnis online afiliasi ini juga salah satu langkah mengenalkan blog kalian ke audiens dengan demikian akan meningkatkan trafik.

25 pemikiran pada “Cara Kerja Bisnis Online Afiliasi, Langkah Awal Mulai Berbisnis”

  1. Banyak yang kasih testimoni kalau bisnis online itu sangat menjanjikan
    Ternyata effort nya juga lumayan ya
    Memang seharusnya sebelum terjun ke dunia bisnis yg sebenarnya, kita harus mempelajari dulu semua komponen penyerta nya

    Balas
  2. Makasih infonya Mba. Aku termasuk awam banget soal afiliasi, padahal sering banget lihat circkelu main afiliasi begini. Pelan-pelan mau nyobain aaah.

    Balas
    • Bener banget, menjadi affiliate memang bagus juga prospeknya saat ini. Saya ingin juga mencoba, cuma belum bisa mengatur waktunya. Semoga nanti bisa menerapkan tips dari artikel ini.

      Balas
  3. Keuntungan bisnis affiliate ini modalnya bisa dibilang nol dan kita tidak perlu stock atau packing barang. Namun, itu bukan berarti hal yang mudah juga. Tetap ada yang harus dirintis dan diusahakan.

    Balas
  4. Ini aku udah daftar tapi baru satu iklam yang aku pasang. Belum sempatkan diri untuk link yang lain. Dasar diriku ini

    Biar banyam hasilnya gimana ya mna?

    Balas
  5. Jujur, senang banget sih karena beberapa waktu lalu sempat ikut program dari IIDN dan Accesstrade untuk belajar afiliasi ini. Jadi tau teknik-teknik menarik membentuk blog yang baik melalui program-program afiliasi Accesstrade. Mudah-mudahan saya bisa lebih istiqomah implementasi ilmu-ilmunya ya.

    Balas
  6. Menarik sekali mengikuti Program afiliasi Accesstrade untuk blogger.
    Tapi kalau hanya link kayanya kurang powerful yaa.. Yang bagus kalau produknya uda dipakai sang blogger dan diiklankan sehingga memanggil lebih banyak pembeli, minimal dari follower sang blogger atau content creator tersebut.

    Balas
  7. Menarik juga ya pekerjaan sebagai afiliator ini. Kita bisa memasarkan produk dan memperoleh penghasilan tanpa harus mengeluarkan banyak modal seperti saat menjadi reseller atau membuka toko online sendiri. Aku sendiri sudah bergabung di accestrade juga kak.

    Balas
  8. Saya pernah juga nih ditawarin Accestrade buat pasang affiliate di website niche beauty. Katanya banyak rekomendasi produk yang relate dengan konten blog.

    Namun, karena saya merasa belum punya traffik yang bagus dan juga blm konsentrasi mengelola webnya, saya pun akhirnya menunda dulu. Next time saya pasang deh.

    Balas
  9. jadi afiliator untuk marketplace ini sekarang memang cukup menjanjikan ya apalagi kalau followers dan view-nya sudah banyak. makanya sekarang banyak banget yang ikut terjun jadi afiliator termasuk diriku.

    Balas
  10. Bisnis afiliasi memang sedang digandrungi, terlebih afiliasi marketplace. Tapi dari cerita2 teman, afiliator Accestrade lumayan juga sih, asal promonya oke. Ya sebenarnya sama aja kayak bisnis lainnya. Intinya harus ada pemasaran agar pengunjung datang.

    Balas
  11. Saya juga masih kurang paham dengan cara kerja platform ini, Mba. Pernah pasang script ini di template sebelumnya. Sepertinya perlu saya otak-atik lagi, nih. Jadi semangat lagi berkat blog post ini.

    Balas
  12. Bisnis online affiliasi memang lagi banyak diminati ya, karena kita bisa menjalankan bisnis tanpa modal dan tak perlu stok barang, cukup daftar lalu memasarkan link produknya saja. Banyak juga platform yang menawarkan bisnis ini, dan sekarang bahkan ada Accesstrade ya, yang memudahkan blogger atau pun influencer untuk mengikuti bisnis online affiliasi ini. Wah, siip Mba informasinya, bisa jadi referensi untuk diikuti dan dipelajari.

    Balas

Tinggalkan komentar