Ide Partisi Penyekat Ruangan, Langkah Praktis Tetap Estetis

Ide partisi penyekat ruangan yang membatasi atau membagi ruangan merupakan solusi agar tiap area mempunyai privacy tetapi tetap menyatu.
Seperti kita ketahui pembatas ruangan adalah sekat atau perabot yang ditempatkan sedemikian rupa sehingga membagi ruangan menjadi beberapa area terpisah. Pembatas ruangan digunakan oleh desainer interior dan arsitek sebagai sarana untuk membagi ruang menjadi area terpisah yang berbeda.

Biasanya partisi penyekat ruangan ini dipasang pada ruangan yang cukup besar kemudian dibuat konstruksi untuk membagi ruangan menjadi beberapa bagian.
Keuntungan dengan memakai partisi seperti ini sewaktu-waktu bisa dibongkar atau digeser ke tempat lain, dengan demikian ruangan bisa ditata lebih fleksible.

Manfaat Partisi Penyekat Ruangan

Secara umum, partisi penyekat ruangan digunakan dengan salah satu cara berikut:

  • Untuk membagi ruangan yang menciptakan penggunaan ruang lebih efisien di dalam ruangan.
  • Sebagai unsur dekorasi dan/atau potongan aksen untuk menambah karakter ruangan.
  • Untuk menyembunyikan area atau menciptakan privasi yang berbeda
  • Untuk mendekorasi kamar untuk efek desain rumah yang lebih baik

Partisi penyekat ruangan berbeda sifatnya karena:

  • Permanen seperti menggunakan sekat-sekat di kantor atau praktek dokter
  • Built-in seperti pada partisi geser di kantor atau ruang konferensi
  • Portabel atau sementara seperti misalnya di pusat konvensi
  • Pembatas ruangan tetap dan pembatas ruangan gantung

Pembatas ruangan atau room divider bisa dibangun dari lantai sampai penuh ke langit-langit tetapi bisa juga diatur ketinggiannya.
Hasil jadinya pun tergantung pada desainnya, ada yang tertutup rapat atau dengan celah-celah, sehingga udara tetap bisa mengalir.

Ada beberapa jenis pembatas ruangan seperti partisi bilik, sekat pipa dan tirai, sekat shoji, dan dinding. Pembatas ruangan dapat dibuat dari beberapa pilihan bahan, termasuk kayu, bambu, rotan, kain, plastik, kaca plexiglass, kanvas katun berbingkai, kain lipit atau cermin. Tanaman, rak atau pagar juga bisa digunakan sebagai pembagi. Pembatas ruangan portabel memiliki panel dinding lipat yang ditopang di atas roda.

Jenis Room Divider

Rumah, dan tempat tinggal lainnya, menggunakan partisi penyekat ruangan untuk membagi ruang lebih efektif atau sebagai titik fokus dekorasi.
Ada banyak kegunaan untuk pembatas ruangan termasuk: membagi ruangan, menambahkan privasi ke setiap ruang, menyembunyikan area yang berantakan dan meningkatkan penyimpanan dan aksen pada ruangan. Kegunaan lain termasuk menambahkan warna, mengarahkan orang yang lalu-lalang di ruangan, membuat foyer, menambahkan tabir depan meja, menciptakan kenyamanan, atau menambahkan latar belakang dekoratif.

Ruangan Kecil

partisi penyekat di kantor
partisi penyekat di kantor

Paling umum digunakan di rumah adalah sekat ruangan kecil, kadang-kadang disebut layar shoji lipat. Layar shoji biasanya merupakan bidang lipat tiga. Layar shoji juga dapat digunakan untuk memisahkan bagian dari kamar tidur atau ruang keluarga sebagai kantor. Tanaman, rak buku, pagar, lampu, dan tirai semuanya telah digunakan untuk menciptakan ruang secara efektif dan berbeda di unit apartemen maupun rumah tinggal.

Di kantor, sekat ruangan biasanya lebih permanen dan menempel langsung dari lantai sampai setinggi 1.5 atau 1.6 meter. Pembagi ruang kantor ini memungkinkan pengambilan ruang kantor yang besar dan memecahnya menjadi ruang-ruang kantor karyawan yang lebih tenang dan lebih fokus.

Ruangan Besar

partisi penyekat ballroom
partisi akustik penyekat ballroom

Hotel dan restoran menggunakan dua jenis pembatas ruangan yang berbeda. Biasanya, akan terlihat pembatas ruangan dari lantai ke langit-langit di ruang ball room dan ruang pertemuan. Sekat permanen ini dapat digunakan untuk membagi ruang pertemuan menjadi fasilitas atau ruang seminar yang lebih kecil.
Di area tempat membutuhkan lebih banyak fleksibilitas, hotel dan restoran mungkin menggunakan partisi penyekat ruangan portabel yang serupa dengan yang digunakan di sekolah.

Di sekolah atau fasilitas keagamaan, pembatas ruangan terutama digunakan untuk membuat ruang kelas sementara untuk pendidikan di ruangan terbuka yang besar. Karena ruangan awalnya dirancang terbuka untuk tujuan lain, jenis pembatas ruangan yang paling umum adalah pembatas ruangan portabel dengan roda yang dapat dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Setelah kelas selesai, pembatas ruangan dikembalikan ke tempat penyimpanannya untuk digunakan di waktu yang lain.

Ide Partisi Penyekat Ruangan Rumah

Model 1

Ide Partisi Penyekat Ruangan, Langkah Praktis Tetap Estetis
sumber: pinterest leon young

Partisi penyekat ruangan ini terbuat dari konstruksi besi hollow dan ruang-ruangnya diisi dengan kotak-kotak kayu sebagai rak. Cocok untuk penyekat cafe atau ruangan kantor kekinian.

Model 2

partisi penyekat ruangan untuk rumah
sumber: pinterest nextluxury

Partisi ini tampak ringan membagi ruangan di rumah untuk ruang tamu atau living room dengan ruang makan. Material terbuat dari bilah-bilah kayu dipasang dari lantai sampai plafond.

Model 3

partisi semi permanen untuk rumah
sumber: ariyonainterior

Partisi penyekat ini bisa kalian susun sendiri dari potongan kayu atau bambu, tergantung kreativitas pemilik rumah. Jenis penyekat ini bisa digolongkan penyekat semi permanen. Bila pemilik rumah ingin mengganti dengan model lain, bisa dengan mudah dibongkar.

Model 4

partisi penyekat permanen
sumber: nextluxury

Partisi jenis ini multifungsi sebagai penyekat ruangan secara permanen dan sebagai lemari penyimpan. Desain bagian atas berupa ambal-ambal rak, membuat ruangan di baliknya tetap memperoleh udara segar.

Model 5

Partisi model ini adalah partisi portable, artinya mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Partisi portable marak dipakai ketika pandemi Covid-19 melanda. Bila dilapisi dengan plexiglass yang lebih menutup sekat, akan mengurangi risiko penularan virus.

Penutup

Contoh-contoh model di atas hanya sebagian saja desain-desain yang sudah dipasang di beberapa bangunan atau rumah. Desaian partisi penyekat ruangan bisa sangat bervariasi tergantung fungsi bangunan, material, dan peruntukannya.

Semoga bermanfaat

23 pemikiran pada “Ide Partisi Penyekat Ruangan, Langkah Praktis Tetap Estetis”

  1. Dulu itu partisi paling model kayak model ya, Mbak. Sekarang sudah beragam. Makanya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Misalnya saya suka sekalo foto pertama itu. Partisinya selain ppenyekat, juga buat rak buku dan pajangan.

    Balas
  2. Mengaplikasikan partisi portabrl di rumah pun bisa bikin pemanfaatan ruang jadi lebih tertata dan efisien ya. Apalagi sisi estetikanya juga biasanya manis karena bisa disesuaikan sama selera dan kebutuhan.

    Balas
  3. Partisi model 2 kalau ditambahin pot bunga kecil-kecil itu rame gak ya, Mba Hani… aku paling suka ama yg model 4 estetik bangett,, kebetulan lagi cari inspirasi buat menyekat ruangan keluarga dan ruang tamu. Tdnya dibiarin lapang gitu aja krn sekalian jd ajang sepedaan si kecil dlm rumah hehe,,

    Balas
  4. Saya suka model 2 dan model 5, sederhana dan manis. Tetapi harus disesuaikan dengan desain dan interior ruangannya juga. Kalau gak nyambung malah jomplang ntar. Bagus juga nih buat background pepotoan.

    Balas
  5. Model 1 jadinya elegan.
    Yang model 3 unik dan instagramable sih.
    Jadinya ruangan kalau ada partisi begini memang lebih asik sih, apalagi buat di kantor atau di rumah.

    Balas
  6. Lihat partisi yang buat di rumah itu bikin mupeng aja. Cantik dan kreatif aja gitu kelihatannya. Tapi, kalau harus milih, ya mending yang multifungsi seperti nomot 1 dan 4. Cuma kembali lagi ke kebutuhan sih.

    Balas
  7. suka semua modelnya, model 1 kelihatan kokoh,dari besi hollow, bisa banyak nyimpan barang kalau ditaruk kotak-kotak, yang 2 untuk ruangan sempit cocok banget,…tinggal budget masing-masing model berapa yaa?

    Balas
  8. Partisi model 1 dan 2 itu impian aku banget, kalau next punya rumah pribadi. Semogaa terealisasi hihiihi.

    Dengan partisi model kekinian seperti diatas, ruangan tetap tampak bersih dan elegant ya kak

    Balas
  9. saya suka sekali dengan penyekat estetis begini kak, ketimbang pakai pembatas dinding gitu, selain keliatan lebih luas, estetis pastinya bisa mobilisasi kapan saja kita butuh dan kalau mau ubah layout

    Balas
  10. Kalau jaman dulu ada sketsel kayu ukir yang bisa jadi ornamen penghias sekaligus partisi ruang. Sekarang perkembangannya jadi berbentuk kayu-kayu ramping yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan.

    Balas
  11. ah cakep-cakeeep.. kalau dulu poakai partisi tuh kesannya jadi sempit gitu ya rumah, tapi sekarang udah banyak macam praktisi jadi makin memperindah hihi

    Balas
  12. Mupeng lihat model-model partisinya. Rencananya juga rumah saya kalau udah direnov mau digunakan partisi saja karena kelihatan lebih luas sih sebenarnya ketimbang pake pembatas tembok. Apalagi banyak modelnya yang bagus ya untuk rumah minimalis.

    Balas

Tinggalkan komentar