Kenali 7 Langkah Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan

Belanja Online Hemat di bulan Ramadan merupakan bulan yang dirindukan oleh semua umat Muslim, bulan suci dan penuh ampunan. Biasanya di bulan ini kita, Muslimin dan Muslimah berlomba-lomba untuk berbuat amal dan kebaikan. Para ibu rumahtangga pun disibukkan dengan menyiapkan hidangan sahur dan berbuka bagi seluruh anggota keluarga.

Sudah bukan rahasia lagi, walaupun kita wajib berpuasa sebulan lamanya, ternyata belanja keperluan sehari-hari di bulan Ramadan justru membengkak. Padahal kebutuhan keluarga bukan hanya sebatas hidangan sahur dan berbuka saja, bukan? Itu sebabnya dituntut untuk ektra hemat di bulan Ramadan ini.

Salah satu cara untuk berhemat adalah kita membeli kebutuhan keluarga melalui toko online. Berbagai toko online sekarang menawarkan berbagai produk, sehingga memudahkan kita memilih. Selain itu yang paling utama adalah, kita bisa menghemat waktu bepergian ke supermarket dan toko.
Nah, berikut tips agar teman-teman blogger bisa belanja online hemat di Tokopedia dan membuat Ramadan menjadi Ramadan Ekstra melalui 7 langkah berikut:

Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

Penting juga bila kita mempunyai daftar barang-barang yang akan dibeli. Bila beruntung, beberapa produk justru lebih murah bila dibeli secara online daripada datang langsung ke toko.

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

Pilih toko dengan rating yang baik

Belanja online dibutuhkan ekstra kehati-hatian, karena produk yang akan kita beli hanya bisa dilihat melalui foto-foto produk. Berbeda dengan bila kita membeli di toko secara langsung, kita bisa memegang dan mencek teliti produk yang akan kita beli. Tetapi kekhawatiran tersebut dapat diminimalisir dengan kita meluangkan waktu sejenak membaca review produk atau chat para konsumen ke toko online.

Biasanya ada rating yang juga menunjukkan bahwa toko tersebut kompeten dengan produk-produk yang mereka tawarkan.
Sempatkan melakukan chat sebelumnya dengan toko tentang produk tertentu. Lebih baik menunda sehari untuk mendapatkan jawaban tentang suatu produk, daripada kita telanjur transfer.

Cari toko online terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

Pilih cara pembayaran yang tepat

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

Pilih metode pengiriman paling efisien

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

Manfaatkan promo dan diskon

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk membuat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Adapun berbagai pilihan promo Ekstra Spesial di Tokopedia antara lain:

  • Ekstra Flash Sale
  • Ekstra Ketupat
  • Ekstra Kejutan
  • Ekstra Bonus Produk Digital
  • Produk Eksklusif Ramadan

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?

Ternyata banyak betul kejutan Ramadan Ekstra dari Tokopedia. Bisa berupa voucher, cashback, gratis ongkir, hingga diskon.

Kalau begini caranya, Ramadan tahun ini bakalan semakin seru, tentunya tanpa mengurangi kekhidmatan bulan suci penuh ampunan ini. Semoga ibadah puasa dapat dilaksanakan tanpa halangan, hingga tiba Lebaran, dan saatnya bersilaturahim bersama keluarga besar.

Nah, teman blogger punya tips belanja online hemat apalagi?

Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels

19 pemikiran pada “Kenali 7 Langkah Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan”

  1. nah sepakat banget sama tips belanja online di atas, selain mencari toko dengan rating dan ulasan yang postif, menentukan lokasi toko terdekat dengan tempat tinggal kita juga penting. biar nggak berat di ongkos dan paketnya juga cepat sampai 😀

    Balas
  2. Aku pengguna setia tokopedia. Kalau ada teman jualan pasti tanya, ada tokped atau enggak nih? Atau pertanyaan lain kayak, link tokpednya mana? Karena emang nyaman banget belanja di tokped tuh. User friendly

    Balas
  3. Betul itu saya kalau mau belanja online suka lihat dan baca dulu bagaimana rating dan testimoni pembelian sebelumnya. Kalau bagus, bisa dipertimbangkan. Kalau buruk wah langsung deh saya tinggalkan dan cari toko online lain yang lebih baik

    Balas
  4. Aku juga lebih senang belanja online sih, nggak ribet, nggak capek. Tinggal tunyak-tunyuk, bayar terus tunggu barangnya dikirim ke rumah deh.

    Hanya saja tentunya kudu teliti milih seller, lihat rating seller dan review customer lain. Kalau oke semua, baru deh cuzz beli.

    Balas
  5. Tokopedia ini salah satu marketplace favorit. Entah kenapa navigasi dan fitur-fitur penggunaannya user friendly menurut saya. Dan yang asyik, banyak diskon ongkir hehehe

    Balas
  6. Samaan nih tipsnya biar berhemat. Mulai dari cek-cek harga di semua tempat sampai memanfaatkan promo dan diskon. Sama satu lagi, kita mesti punya bajet atau anggaran alias pos duit ini mau diapakan tujuannya. Jadi bisa prioritaskan barang yang penting, bukan yang sekadar pengin. hihih.

    Balas
  7. Dengan melihat rating kini menjadi kebiasaanku juga nih saat berbelanja online.
    Plus bacain komennya satu per-satu. Soalnya gak pengen banget kena scam kalo belanja online…ternyata datengnya zonk.
    huhuu~

    Balas
  8. Saya nih, termasuk konsumen yang mantau banget jam-jam promo. Hahahaha. Alhamdulillah sesekali jadi bisa hemat bayar tagihan listrik-air-internet di rumah. Kadang hematnya ya dapat diskon atau gak dapat cashback gitu.

    Balas
  9. biasanya kalau belanja online itu aku pilihn yang ratingnya baik dan dibaca review-review yang ada biar nggak salah pilih. sama milih lokasi toko juga yang ongkirnya paling murah. hehe

    Balas
  10. Beberapa pertimbangan untuk memilih seller yang tepat juga sudah kuterapkan nih. Biasanya setelah membanding-bandingkan antar seller, trus cari yang lokasinya deket biar ongkirnya lebih ekonomis.

    Balas
  11. Hal yang biasa saya lakukan kalau belanja online itu liat ada promo atau ndak. Hehe. Nanti lainnya ngikut, seperti lihat rating atau testimoni, asal pengirimannya, perbandingan harga dengan lainnya.

    Btw, makasih tipsnya Mbak. Biar inget kantong, kalau belanja

    Balas

Tinggalkan komentar