Desain Rumah Mungil, Pilihan Rumah Keluarga Gen Z

Desain rumah mungil sekarang menjadi pilihan keluarga-keluarga baru generasi Z. Selain apartemen yang serba praktis, dekat tempat kerja, dan fasilitas lengkap, maka rumah di atas tanah masih menjadi pilihan favorit. Sehubungan harga tanah semakin mahal, lebih-lebih lagi untuk tanah di perkotaan, maka solusi satu-satunya adalah membangun rumah simpel yang tidak luas.

Rumah mungil atau tiny house sudah lama menjadi pilihan keluarga-keluarga di Jepang. Gaya hidup minimalis dengan furnitur multi fungsi sudah menjadi perilaku mereka sehari-hari. Tidur hanya beralaskan futton (semacam kasur lipat) sangat menghemat tempat. Skala ruang yang diatur menurut ukuran tatami (tikar Jepang) menjadi ukuran standar rumah Jepang.

Daftar Isi

Persyaratan Rumah Mungil

Bila dulu pemerintah menetapkan tipe rumah berdasarkan luas dan pilihan materialnya, misalnya tipe rumah sederhana (RS), kemudian tipe rumah sangat sederhana (RSS), dan seterusnya.

Maka konotasi rumah mungil adalah rumah sederhana. Sekarang tidak selalu rumah mungil adalah tipe RS atau RSS. Bahkan rumah mungil bisa didesain bertingkat untuk mendapatkan rumah lebih luas.

Desain rumah mungil tetap bisa didesain menarik, unik, dan memakai material kualitas prima.
Untuk itu perlu diperhatikan persyaratan mendesain rumah mungkil tersebut, yaitu:

Cukup Ventilasi Silang

Indonesia terletak di khatulistiwa sehingga merupakan daerah tropis lembap. Oleh sebab itu usahakan tata letak ruangan dan desain jendela memungkinkan ventilasi silang yang cukup.

Ventilasi silang membuat udara bisa mengalir bebas sehingga ruangan tidak lembap dan lebih sehat. Ventilasi silang juga bisa diperoleh dari bukaan dari atap yang dibuat seperti cerobong.

Penerangan Alami

Penerangan alami diperoleh dari jendela atau dinding transparan yang tujuannya membuat ruangan lebih terang. Desain seperti ini akan sangat menghemat penerangan buatan di siang hari.

Sirkulasi Efisien

Sirkulasi efisien diperoleh dari letak pintu dan tata letak ruangan yang tepat. Bila perlu pintu bisa didesain sebagai pintu geser, supaya lebih menghemat tempat.

Bila rumah mungil tersebut merupakan rumah di lahan sempit dan didesain dua lantai, maka letak tangga harus dipikirkan matang.

Furnitur Multifungsi

Sekarang ini banyak contoh-contoh furnitur multifungsi yang bisa dibuat secara custom ataupun beli jadi. Furnitur multifungsi, contohnya lemari yang menjadi satu dengan meja belajar yang bisa dilipat.
Contoh lain adalah sofa bed, yaitu sofa yang bisa dibuka menjadi tempat tidur.

Taman Dalam

Taman dalam atau inner court sangat membantu ruangan dalam rumah memperoleh udara segar dan sehat. Selain itu dalam rumah juga menjadi lebih terang dan kering.

Taman dalam perlu persiapan drainase air hujan yang baik. Adakalanya pemilik menambahkan atap transparan supaya tidak kehujanan. Langkah seperti ini justru membuat ruangan di bawahnya seperti di dalam rumah kaca (green house), sehingga terasa panas.

Ide Desain Rumah Mungil

Berikut adalah contoh rumah mungil berlantai dua yang bisa menjadi pertimbangan. Lebar tanah antara 3 hingga 5 meter. Dan panjang ke belakang, antara 10 hingga 12 meter.
Untuk menambah kamar, jumlah lantai bisa dua atau split level.

interior rumah mungil
interior rumah mungil
desain rumah mungil dua lantai
desain rumah mungil
organisasi ruang rumah mungil
organisasi ruang rumah mungil, sumber: hani
rumah lahan sempit
rumah lahan sempit dengan halaman belakang, sumber: 99co

Kebanyakan desain rumah mungil ini dibuat bertingkat, untuk efisiensi ruangan, dan pengelompokan zona ruang lebih jelas.

Jadi ada zona semi publik dan servis, yaitu ruang-ruang yang bisa menerima orang di luar anggota keluarga, dan ruang-ruang untuk pelayanan. Misalnya dapur, ruang cuci, carport, dan lain-lain.

Sedang zona privat biasanya di lantai dua, untuk kamar tidur dan kamar mandi. Karena rumah bertingkat menggunakan tangga, maka desain tangga harus dibuat nyaman. Sebaiknya terbuat dari material yang tidak licin dan diberi pegangan tangga (railing).

Tangga pun bisa dibuat unik dengan desain multifungsi sebagai ruang simpan (storage)

contoh tangga rumah mungil
tangga multifungsi rumah mungil, sumber: livinginashoebox

Penutup

Desain rumah mungil rata-rata merupakan lahan sempit, artinya lebar kaplingnya antara 3-5 meter. Perlu kehati-hatian dalam mendesain di lahan sempit, terutama agar tetap mendapatkan terang alami dan ventilasi silang.

Di beberapa kompleks perumahan banyak rumah-rumah yang lebar lahannya 10-12 meter, direnovasi menjadi dua rumah kembar yang dijual atau disewakan terpisah.

Gaya hidup serba minimalis dan rencana membentuk keluarga kecil ditambah lagi mulai dipasarkannya mobil-mobil listrik yang imut, akan sesuai untuk desain rumah mungil seperti ini.

Semoga bermanfaat.

13 pemikiran pada “Desain Rumah Mungil, Pilihan Rumah Keluarga Gen Z”

  1. Kepengan banget punya rumah seperti yang kakak posting di artikel ini. Minimalis dengan sedikit barang namun terasa nyaman bagi penghuninya. Apalagi ada tamannya bikin makin betah di rumah aja

    Balas
  2. Keren-keren-keren abis! Ini walau mungil pasti nyaman banget buat hunian. Thanks banget deh Kak Hani termasuk juga sudah bagikan desainnya.

    Balas
  3. Desain rumah mungil yang sangat menginspirasi sekali mba.
    Setiap ruangan dibuat benar-benar sesuai kebutuhan dan kenyamanan penghuninya.
    Benar-benar cocok dengan gen Z

    Balas
  4. Saya suka sekali nonton youtube yang menampilkan rumah-rumah mungil di Jepang, Mbak. walau tanah tidak luas, tapi apa uuang dibutuhkan untuk sebuah rumah lengkap tersedia. salah staunya menggunakan perabotan multifungsi. Terus rumah mungil juga pastinya lebuh hemat pada perawatan.

    Balas
  5. Jadi inget anak-anakku

    mereka juga lebih menyukai rumah mungil tapi banyak fungsi

    dibanding rumah besar yang membutuhkan effort dan biaya untuk merawatnya

    Balas
  6. Sekarang lagi musimnya rumah mungil minimalis tapi fungsional yaa, kak
    Ngga mikirin ntar klo keluarga besar ngumpul gimana, hehe

    Ngga ribet sama rumah gede tapi pusing bersihinnya, ngurusin dsb
    Pokoknya ntar klo ada rezeki punya rumah, mau yang minimalis deh.
    Aamiin

    Balas
  7. kalau rumah mungil selain mudah dan praktis saat dibersihkan, ada kesan luas malah, terlebih dengan penataan interior yang apik

    Balas
  8. Kalau saya suka dengan tiny house karena biar nggak capek bersih-bersih rumah 😀
    Dan setuju juga meski rumah mungil jika ditata dengan baik dan pas akan tetap nyaman ditempati..

    Balas
  9. Akutu lagi cari-cari ide rumah mungil nih..
    Alhamdulillah dapet ide dari tulisan ini.
    Jadi kebayang kebutuhan ruangnya apa, sebesar apa dan bisa diberi furniture serta detailing warna yang membuat rumah mungil tapi terkesan luas dan tetap memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

    Balas
  10. Rancang bangun dalam ruangnya apik dan fungsional banget. Efektif dan efisien. Cocok untuk jadi kontrakan exclusive ini sih. Terutama untuk mereka yang menyukai tinggal di satu tempat yang compact dan fungsional.

    Balas

Tinggalkan komentar