Ide Bisnis Bulan Ramadan, Raih Cuan di Bulan Spesial

Marak dimana-mana “takjil war” ya. Bahkan teman-teman kita yang non Islam pun ikut-ikutan takjil war. Tak heran, karena takjil atau menu berupa jajanan atau camilan untuk berbuka puasa ini muncul khusus di bulan Ramadan saja. Akibatnya banyak juga bermunculan ide bisnis bulan Ramadan yang menyertai selain aneka menu takjil tadi.

Bulan Ramadhan yang selalu menjadi momen istimewa bagi umat Islam, juga menjadi peluang emas bagi para pelaku bisnis.

Berikut beberapa ide bisnis yang bisa Anda coba di bulan Ramadhan:

Daftar Isi

Kuliner Ramadhan

Di bulan penuh berkah ini, biasanya ibu rumah tangga repotnya dobel. Selain wajib menjalankan ibadah puasa, juga harus menyiapkan hidangan mulai dari sahur, takjil, dan berbuka puasa untuk seluruh keluarga. Belum lagi kalau juga berperan sebagai ibu bekerja di luar rumah.

Nah, sekarang ini memenuhi kebutuhan penting seperti ini, tidak ada salahnya membeli saja dari berbagai pelaku bisnis dadakan yang menjamur.

Jualan Takjil

berburu takjil
berburu takjil, sumber: CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah

Aneka takjil seperti gorengan, kue-kue, kolak, es cendol, es pisang ijo, dan es kopyor selalu diburu saat berbuka puasa. Kalian bisa berjualan di depan rumah, membuka stand di pasar Ramadan, atau berjualan online secara pre-order.

Katering Ramadan

Kalian bisa menawarkan paket katering Ramadan untuk keluarga, kantor, atau komunitas. Menu bisa bervariasi, mulai dari nasi kotak, lauk pauk, hingga takjil. So pasti ibu-ibu tidak perlu mikir belanja harian dan pusing menyiapkan menu sehat setiap harinya.

Menyediakan Menu Sahur dan Buka Puasa

Menyiapkan menu sahur kalau disiapkan dadakan, bikin pakepuk ibu-ibu. Masih bagus kalau seluruh anggota keluarga membantu menyiapkan sahur bersama.

Silakan sebagai pelaku bisnis menawarkan menu sahur dan buka puasa yang praktis dan lezat, seperti nasi dan lauk-pauk, mie goreng, capcay, dan sup ayam. Kalian bisa berjualan online atau menerima pre-order. Paket-paket ini bisa diantar malam sebelum sahur, sehingga pas sahur tinggal menghangatkan.

Bisnis Katering dan Hampers

Dulu awal rumah tangga saya hampir tidak pernah masak hidangan Lebaran. Setiap hari Raya tiba, kami sekeluarga tinggal bertandang saja silaturahmi ke rumah orang tua atau rumah mertua. Biasanya tersaji hidangan Lebaran, lontong atau kupat lengkap dengan segala lauk-pauknya.

Nah, begitu anak-anak besar dan orang tua maupun mertua pun sudah tiada, mulailah pusing, apa yang akan disajikan kala Lebaran.

Katering Ramadan/Lebaran

Bagi ibu-ibu yang tidak mau repot, sekarang dimudahkan sekali dengan banyaknya tawaran paket katering Ramadan untuk keluarga selama satu bulan penuh.

Atau ada juga paket Hidangan Lebaran yang bisa pre-order jauh-jauh hari. Biasanya pesanan lontong/kupat lengkap tersebut akan diantar semalam sebelum Lebaran atau pas takbiran.

Hampers Lebaran

hampers lebaran
hampers Lebaran

Hampers atau bingkisan Lebaran pun sekarang bervariasi bentuk dan jenisnya. Bahkan di supermarket pun tersedia hampers berupa sembako atau kebutuhan pokok sehari-hari.

Bila ingin menjalankan bisnis menjual hampers Lebaran, bisa berisi makanan, minuman, kue kering, atau produk lainnya yang menarik. Khusus produk makanan/ minuman, pastikan tidak melebihi tanggal kadaluarsa.

Tawarkan paket hampers dengan berbagai harga dan isi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Bisnis Fashion dan Aksesoris

Bulan Ramadan juga menjadi momen kaum Muslimin tarawih ke masjid atau menghadiri tauziah lainnya. Nah, bisa juga menawarkan busana Muslim dan asesorisnya tersebut, mulai dari jilbab, peci, tasbih, dan lain-lain.

Ide bisnis bulan Ramadan bisa meliputi busana muslim baik untuk pria-wanita dan anak-anak, mukena dan pernak-perniknya, sarung, dan perlengkapan ibadah lainnya. Kalian bisa berjualan online, membuka toko fisik, atau mengikuti bazar Ramadan yang sering digelar.

Kalian bisa berjualan online, membuka toko fisik, atau mengikuti bazar Ramadhan.

Bisnis Jasa

Bulan Ramadan yang diikuti dengan Lebaran, tidak lepas dengan acara silaturahmi keluarga dan gempita acara mudik. Tidak jarang, sebuah keluarga mudik ke kampung halaman mengunjungi kakek-nenek, meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Nah, bisa saja, bagi yang tidak mudik kemana-mana, menawarkan jasa penitipan barang. Misalnya ingin menitipkan kendaraan, rumah, atau bahkan menitipkan hewan kesayangan.

Jasa lainnya yang berkaitan dengan suasana mudik Lebaran adalah jasa pengiriman barang. Seperti kita ketahui, bepergian dengan pesawat terbang atau kereta api, ada batasan berat barang yang boleh dibawa. Nah, kan bisa banget, mengirimnya ke kampung halaman jauh hari melalui ekspedisi.

Jasa lainnya adalah menawarkan bebersih dan mendekorasi rumah, kantor, atau masjid, agar kinclong kala Lebaran.

Penutup

Ide bisnis bulan Ramadan harus disiapkan segala sesuatunya jauh hari, agar kalian tidak mengalami kerugian.

Mulailah dengan melakukan riset pasar, yaitu mencari tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan masyarakat di bulan Ramadan. Selanjutnya menentukan target pasar yaitu fokus pada target pasar yang spesifik agar strategi bisnis Anda lebih efektif.

Supaya tidak boncos, siapkan modal yang cukup dan hitung perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kalian. Jangan lupa tawarkan produk atau layanan yang berkualitas. Pastikan produk atau layanan yang ditawarkan berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Penting juga diperhatikan adalah lakukan strategi marketing yang tepat, misalnya: gunakan media sosial, website, atau iklan untuk mempromosikan bisnis kalian.

Lalu berikan layanan yang excellent, yaitu layanan yang ramah, cepat, dan tanggap kepada pelanggan.

Siapa tahu, dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, bisnis kalian dapat meraih keuntungan optimal dan bisa berlanjut, walaupun Ramadan telah usai.

Semoga ide-ide bisnis ini dapat membantu kalian dalam meraih keuntungan di bulan Ramadan.

Selamat berbisnis!

14 pemikiran pada “Ide Bisnis Bulan Ramadan, Raih Cuan di Bulan Spesial”

  1. Alhamdulillah Ramadan ini penuh keberkahan ya, termasuk terbuka peluang menambah rezeki. Dan memang, denga kehadiran misalnya penjual takjil, meringankan dan membantu juga menu berbuka. Tidak perlu repot mempersiapkan sendiri. Apalagi bagi yang bekerja.

    Balas
  2. Bulan ramadhan selain penuh berkah juga penuh dengan rezeki dan peluang usaha. Walaupun saya sih tiap tahunnya selalu jadi pembeli belum pernah bikin usaha semua usaha yang ada apa lagi di bidang makanan itu mempurdah banget di puasa buat orang orang kayak saya yang gak mau repot dan gak bisa masak

    Balas
  3. Iyaa Bun. Di sini jadi banyak penjual takjil dadakan dan alhamdulillah laris-manis. Mengenai bisnis jasa juga ada yg spesialis jasa titip, jadi dia belikan barang2 yg lagi sale di mall, lalu dikirim ke rumah cust.

    Balas
  4. jualan takjil sesuatu banget pastinya, karena banyak war yang terjadi di tahun ini hehe.
    cuss nih bisa dimanfaatkan buat raih cuan, jadi bisa happy pas lebaran

    Balas
  5. Bener sih ide bisnis bulan Ramadan butuh persiapan yang matang dan strategi yang tepat. Saingannya juga banyak. Jadi kalo bikin hampers bisa yang idenya unik dan jarang dibikin. Hehe.

    Balas
  6. Wah ide bisnis yang memang banyak di cari di bulan suci ini ya! Aku biasanya suka cari2 hampers yang unik gitu sh untuk dibagikan kepada kerabat terdekat. Jadi sepertinya bisnis hampers juga menaiki peningkatan peminat ya

    Balas
  7. Aku sempat kepikiran mau usaha hampers pas Ramadan ini. Tapi ternyata sampai masuk minggu kedua Ramadan masih sibuk dengan urusan jastip. Tadinya kupikir bisa jalan bareng tuh antara jastip dan hampers. Tapi karena kerja sendirian, jadilah hampers tinggal sebatas keinginan :))

    Balas
  8. aku penasaran sama orang2 yang jual takjil. itu mereka untung berapa ya per harinya? hehe. kan ruame banget tuh. kayaknya nggak ada takjil yang nggak ludes dagangannya

    Balas
  9. Banyak banget ya ternyata ide bisnis bulan Ramadhan. Kalau kuperhatikan memang ada banyak sekali orang yang baru berjualan saat bulan Ramadhan. Kebanyakan sih jualan takjil dan hampers lebaran gitu.

    Bagiku akan lebih baik kalau banyak yang menyediakan menu sahur juga ya. Hehehe….

    Balas
  10. Selama bulan ramadhan usaha jualan kue di rumah libur, dan hanya menerima order aja. ALhamdulillah, juga meskipun tidak produksi alias libur, yang pre order buat acara buka puasa dan untuk orang tadarus cukup banyak. Setiap hari jadinya antarin orderan.

    Kalau mau berusaha pasti ada jalan ya, Kak. Termasuk mendapatkan cua di saat ramadhan

    Balas
  11. Hmmm… banyak banget ya yang bisa jadi ide bisnis, terutama pas bulan Ramadhan. Jualan takjil sepertinya menjanjikan karena kebiasaan kita yang berburu takjil or sekarang ada event takjil war, membuka peluang tuh untuk mendapatkan pemasukan tambahan dari jualan

    Balas

Tinggalkan komentar