Mau Liburan? Ini Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan

Menjelang akhir tahun merupakan momen bagi sebagian masyarakat untuk berlibur. Untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru ini tentunya perlu persiapan fisik, eksplorasi tempat-tempat liburan, hingga jenis transportasinya.

Bila kalian sudah punya rencana untuk berlibur ke luar kota dan akan memilih naik motor ketika melakukan perjalanan. Maka perlu dilakukan perawatan motor sebelumnya agar perjalanan lancar.

Teman-teman sudah tahu belum, Planet Ban merupakan salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia?
Nah, Planet Ban ingin berbagi rahasia tips perawatan motor supaya komponen penting sepeda motor kalian dalam kondisi prima.

Daftar Isi

Kiat Merawat Motor Sebelum Liburan

Bila kalian ingin melakukan perjalanan ke luar kota dengan menggunakan motor, berikut tips perawatan motor sebelum liburan:

Periksa Keadaan Ban Motor

Ban motor merupakan bagian penting dari motor yang perlu pemeriksaan rutin dan menyeluruh. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama melakukan perjalanan jarak jauh. Kalian bisa memeriksa tampilan luar ban motor, apakah retak, ada sobekan, alur ban yang mulai menipis, serta tekstur ban yang bergelombang.

Bila ban masih dalam kondisi baik dan baru saja diganti, pastikan memeriksa tekanan udara ban pada kondisi normal.

Nah, bila terlihat tanda-tanda ban perlu diganti, jangan ragu untuk segera mengganti ban motor kalian yah. Bisa kok ke bengkel Planet Ban terdekat, tinggal memilih berbagai merek dan ukuran ban motor yang paling sesuai dengan motor kalian.

tips perawatan motor
klik untuk konsultasi melalui WA

Periksa Kondisi Rem

Komponen penting lain yang harus diperiksa adalah rem. Kita bisa merasakannya bila melakukan pengereman sudah terlalu dalam saat tuas ditekan, maka cek segera ke bengkel.

Tanda keausan pada rem bisa diperiksa secara manual dengan mencek indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol.

Periksa Oli Mesin

Beberapa brand motor menetapkan persyaratan waktu dan jarak tempuh motor untuk dilakukan penggantian oli secara rutin.

Untuk itu kalian bisa menggunakan oli eksklusif dari Planet Ban, yaitu oli X-Ten. Oli X-Ten memiliki kandungan ester cukup baik sehingga dapat menjaga kondisi motor mesin tetap stabil meskipun tori tinggi.

Cek Aki Motor

Aki motor juga komponen penting yang perlu dirawat agar daya listrik sepeda motor tetap terjaga. Ada umur aki yang perlu diperhatikan saat membeli aki dan pastikan cek terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh.

Misalnya, aki tidak bocor, tidak ada karat ataupun rusak. Di musim hujan seperti sekarang ini, cek juga apakah aki basah atau tidak.

Periksa Sistem Pendingin

Sistem pendingin merupakan bagian motor yang sering terlewat ketika dilakukan pemeriksaan rutin. Bila akan melakukan perjalanan jauh, pastikan pesan ke montir di bengkel untuk memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup.
Hal ini perlu dilakukan agar temperatur mesin motor tetap stabil.

Cek Busi

Bagi kalian yang punya hobi utak-atik mesin motor, biasanya bisa juga mencek sendiri kondisi busi. Cek apakah busi terlihat kotor, maka perlu dibersihkan. Sedangkan busi yang aus, harus diganti dengan busi baru.

Bisa juga menceknya ke Planet Ban supaya tahu kondisi busi agar proses pengapian mesin sepeda motor bekerja sempurna.

Periksa CVT dan Rantai

Ada beberapa jenis motor yang perlu kalian perhatikan sebagai pemilik motor.
Untuk motor matic, periksa komponen CVT agar sistem penggerak transfer tenaga pada sepeda motor ke roda berfungsi dengan baik.

Sedangkan untuk sepeda motor jenis moped/bebek dan sport memiliki sistem yang berbeda. Rantai motor bila tidak berfungsi dengan sempurna akan menghambat kinerja tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Ada baiknya bila akan melakukan perjalan jauh selama liburan, lakukan servis komponen CVT maupun rantai sepeda motor, agar aman selama perjalanan.

Penutup

Tips perawatan motor sebelum liburan harus segera dilakukan agar perjalanan liburan maupun bisnis kalian tidak ada hambatan sama sekali. Lakukan pemeriksaan rutin tersebut ke Planet Ban terdekat tanpa dikenakan biaya dan silakan konsultasi dengan mekanik di sana.

Selain melakukan servis, penggantian komponen spare part sepeda motor, Planet Ban juga menyediakan ban berbagai merek dan ukuran.
Macam-macam komponen sepeda motor seperti, aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, bisa kalian dapat di sini. Lakukan layanan Servis Rasa Mesin Baru untuk motormu sebelum liburan.

Kalian juga bisa melakukan konsultasi online secara gratis bisa melalui Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban.
Tunggu apa lagi? Kunjungi Planet Ban terdekat dari lokasi kalian!

Semoga bermanfaat.

17 pemikiran pada “Mau Liburan? Ini Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan”

  1. Wah asik juga nih ada WA nya. Soalnya kalau mau ke bengkel tu suka ragu2, mau ngapain gitu lo. Ya ngerti sih servis tapi servis apa, yg mana, takutnya malah bawa duit nggak cukup wkwkkw. Maklum cewe, taunya make motor aja.
    Kalau tanya2 dulu kan biar paham yg harus diservis jadi lebih pede mau ke bengkel. Pls jangan dijudge ya, punya motor udah dari jaman kapan tapi taunya cuma make ekekek.

    Balas
  2. Betul banget apalagi musim liburan duh pasti pada pulkam nih jadi buat perjalanan aman sampai tujuan ya harus melakukan perawatan sebelum berangkat salah satu servis di planet ban yg pelayanan ramah

    Balas
  3. Kondisi kendaraan saat mau mudik apalagi kalau jaraknya jauh, memang harus dalam kondisi prima ya, untuk meminimalkan kendala di jalan. Apalagi kalau jalan yang dilewati tidak ada bengkel.

    Balas
  4. Emang paling asik liburan naik motor
    Aku biasanya ya gitu, keliling kota pakai motor
    Tentu saja sebelum dipakai liburan motor harus di cek lebih dahulu ya

    Balas
  5. Saya pernah mengantar suami mengganti ban di Planet Ban. Pekerjaan mekaniknya sat set dan tampak terampil dan profesional. Saya lihat di kota saya pun bengkel Planet Ban sudah ada lebih dari satu tempat.

    Balas
  6. Ingat liburan ini, ingat kemarin anak saya kecelakaan karena remnya blong alias rem ptus. Sepertinya memang benar-benar harus diperhatikan dan dipersiapkanbetul-betulkondisi kendaraan sebelum bepergian seperti musim liburan ini ya.

    Balas
  7. Barusaan tadi pagi panik banget karena motor ga bisa di stater.
    Berasa banget pentingnya servis berkala tuh pas uda kejadian mogok beneran. Dan aku jadi tau kalau ada konsultasi online secara gratis bisa melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban. Aku coba yaa.. Haturnuhun.

    Balas
  8. jangan sampai liburan bukannya dapat pengalaman menyenangkan malah sengsara gara- gara motor mengalami kendala, untuk itu harus di cek dahulu kondisi motor ke bengkel kesayangan

    Balas
  9. Liburan dan perjalanan jauh, pasti erat kaitannya dengan performa kendaraan. Penting sekali untuk mengecek dan merawat kendaraan roda dua ini. Supaya perjalanan aman dan lebih tenang.

    Balas
  10. masalah aki dan ban motor nih yang paling sering saya alami kalau liburan jauh. udah cek sebelumnya tapi karena perjalanan jauh kali ya jadi entah kena paku atau apa gitu yang bikin ban bitu, eh ban pecah, hehehe. kalau aki sih seringnya karena lupa, wkwkwkwk

    Balas
  11. Masih ingat dulu waktu mudik masih naik motor, suami bolak balik memastikan motornya aman digunakan jarak jauh
    Alhasil perjalanan nyaman karena dirawat ke tempat yang tepat
    Bahkan jadi honeymoon ceritanya, hehe

    Balas

Tinggalkan komentar