Marketplace Luar Negeri Agar Jangkauan Bisnis Lebih Luas

Bagi pebisnis nasional, menempatkan produk di marketplace luar negeri merupakan salah satu jalan agar jangkauan bisnis kita lebih luas. Selama ini kita mengenal marketplace di Indonesia antara lain Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, dan lain-lain.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, aktivitas belanja online di beragam situs marketplace dalam maupun luar negeri terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, situs marketplace online ini pun semakin menguntungkan bagi bisnis di semua sektor industri.

Nah, apa saja nih marketplace yang populer di luar negeri yang masing-masing memiliki fokus dan keunikan sendiri dalam penawaran produk dan layanan.

Daftar Isi

Mengenal Marketplace Luar Negeri Online

Marketplace secara historis telah ada dalam berbagai bentuk selama ribuan tahun. Konsepnya muncul dari pasar tradisional di mana pedagang berkumpul untuk menjual atau barter barang dan jasa.

Dalam konteks modern, marketplace online dimulai pada tahun 1990-an dengan munculnya situs seperti eBay yang memungkinkan individu untuk menjual barang secara online kepada pengguna lainnya. Sejak saat itu, pertumbuhan teknologi dan internet telah menghasilkan berbagai macam marketplace seperti Amazon, Etsy, dan Alibaba yang menawarkan berbagai produk dan layanan kepada pengguna di seluruh dunia.

Platform-platform tersebut dikenal sebagai global online marketplace atau pasar online dunia. Artinya, di platform ini kalian bisa bertransaksi dengan penjual atau pembeli dari berbagai negara.

Marketplace online merupakan platform online yang bisa menampung berbagai produk berbeda dari berbagai penjual di mancanegara untuk diperjualbelikan.
Berbeda dengan pasar konvensional yang perlu menyediakan toko secara fisik, pasar online atau marketplace online bergantung pada media digital dan internet.

大樹藥局

Beberapa Marketplace Luar Negeri Populer

Berikut adalah beberapa marketplace luar negeri yang populer dan sering kita dengan namanya. Atau mungkin saja kalian sudah pernah melakukan transaksi dan membeli produk dari sana.

eBay

eBay adalah salah satu platform marketplace online terbesar di dunia. Didirikan pada tahun 1995, eBay memungkinkan individu dan bisnis untuk membeli dan menjual berbagai barang, baik baru maupun bekas, melalui metode lelang atau pembelian langsung dengan harga tetap.
eBay memiliki beragam kategori produk, dan penggunanya dapat melakukan transaksi dari berbagai negara di seluruh dunia.
eBay juga memperluas jangkauannya ke berbagai negara dan menyediakan kategori barang yang lebih luas.

eBay terus kemudian terus berevolusi dan mengalami transformasi dalam cara mereka memfasilitasi transaksi online, menambahkan berbagai fitur seperti PayPal (sebuah perusahaan pembayaran online yang kemudian dipisahkan dari eBay), serta berbagai perubahan strategis untuk menjaga posisinya sebagai salah satu marketplace online terbesar di dunia.

Amazon

marketplaca luar negeri amazon
amazon

Salah satu yang terbesar, menjual berbagai produk dari elektronik hingga pakaian dan makanan.
Amazon didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bezos. Awalnya, Amazon hanya berfokus pada penjualan buku secara online. Situsnya diluncurkan pada tahun 1995 dengan nama “Cadabra” yang kemudian diubah menjadi “Amazon” untuk memperluas jangkauan produk.

Pada tahun 2005, Amazon meluncurkan layanan yang disebut “Amazon Marketplace”. Ini adalah platform yang memungkinkan penjual independen untuk menjual produk mereka melalui situs Amazon.

Alibaba

Fokusnya pada perdagangan grosir dan eceran, terutama dengan pemasok dari Tiongkok.
Alibaba didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma bersama sekelompok pengusaha di Tiongkok. Awalnya,

Alibaba didirikan sebagai platform untuk menghubungkan produsen Tiongkok dengan pembeli internasional. Visi utama Alibaba adalah untuk memfasilitasi perdagangan online, khususnya bagi bisnis kecil dan menengah di Tiongkok.

Alibaba pertama kali meluncurkan platform B2B (business-to-business) yang dikenal sebagai Alibaba.com, yang memungkinkan produsen Tiongkok untuk menjual produk mereka kepada pembeli di luar negeri. Kemudian, Alibaba meluncurkan platform lain seperti Taobao (fokus pada konsumen di Tiongkok) dan Tmall (untuk merek dan penjual besar).

Etsy

Terkenal untuk barang-barang kerajinan tangan, seni, dan barang unik buatan tangan.
Etsy didirikan pada tahun 2005 oleh sekelompok pengusaha, Rob Kalin, Chris Maguire, dan Haim Schoppik, dengan fokus utama pada produk kerajinan tangan dan barang-barang unik.

Awalnya, Etsy bertujuan untuk menjadi pasar online khusus untuk barang-barang buatan tangan, seni, barang antik, dan barang-barang unik lainnya yang diproduksi oleh individu atau penjual kecil.

Etsy mendapat popularitas yang pesat di kalangan komunitas seniman, pengrajin, dan individu yang mencari produk-produk unik yang tidak biasa. Platform ini memberikan kesempatan kepada para penjual independen untuk menjual karya mereka kepada audiens global.

Walmart

Menghadirkan berbagai produk mulai dari barang-barang kebutuhan sehari-hari hingga barang elektronik.

Walmart, yang didirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962, awalnya merupakan toko ritel fisik dengan fokus pada harga yang murah. Walmart tumbuh pesat sebagai rantai toko dengan menawarkan berbagai produk dari berbagai kategori dengan harga yang terjangkau.

Walmart yang awalnya merupakan toko ritel tersebut dikemudian hari melebarkan sayapnya juga meluncurkan platform e-commerce pada tahun 2000.

Dari sini, Walmart terus mengembangkan dan meningkatkan platform online mereka dengan menambahkan berbagai produk, layanan, dan fitur seperti program pengiriman cepat, program keanggotaan, dan ekspansi ke berbagai kategori produk yang lebih luas.

Meskipun secara historis dikenal sebagai waralaba ritel fisik yang besar, Walmart telah berupaya menghadirkan pengalaman belanja online yang kompetitif dengan berbagai inovasi dan investasi di dalam dunia e-commerce untuk tetap relevan dalam dunia belanja modern yang semakin terhubung secara digital.

Penutup

Setiap marketplace memiliki ciri khasnya sendiri dalam hal produk yang ditawarkan, cara mereka beroperasi, dan basis pengguna yang mereka layani.

Marketplace online merupakan platform online yang bisa menampung berbagai produk berbeda dari berbagai penjual di mancanegara untuk diperjualbelikan. Jangkauan pasar online bermacam-macam.

Ada yang hanya dalam lingkup regional saja dan ada pula marketplace yang lingkup pemasarannya secara global.
Situs-situs terkenal tersebut paling banyak digunakan dan rata-rata memiliki keamanan yang cukup baik untuk bertransaksi.

Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Marketplace Luar Negeri Agar Jangkauan Bisnis Lebih Luas”

Tinggalkan komentar