Tribelio WhatsApp Broadcast Cara Cepat Promosi Bisnis

WhatsApp selama ini lebih dikenal sebagai media berkomunikasi yang mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Sering juga WhatsApp dipakai sebagai media untuk bisnis, baik melakukan pemesanan atau chat dengan pelaku bisnis.
Nah, pernahkah teman-teman melakukan WhatsApp broadcast ke calon konsumen supaya mereka tahu produk yang kita miliki.
Dari sisi marketing, melakukan broadcast perlu hati-hati, seperti yang disampaikan oleh Denny Santoso, founder dari Tribelio. Menurut Koh Denny, nama panggilan beliau, broadcast bisa mengganggu bagi orang yang tidak kenal produknya. Sedangkan bagi orang yang sudah kenal dengan produk kita, cara ini cukup membantu untuk update produk.

tribelio page
Tribelio Page

Pengertian Broadcast dalam Ilmu Komunikasi

Teman-teman, pengertian broadcasting dalam ilmu komunkasi adalah menyiarkan sesuatu ke berbagai lokasi secara bersamaan secara berulang. Dulu media broadcasting melalui radio, televisi, satelit, media sosial, dan lain-lain.

Dalam memberikan informasi pada saat broadcast seperti itu, konten yang dibuat harus memiliki data tarik yang tinggi. Dengan demikian masyarakat yang melihat atau mendengar tidak bosan karena memang berdasarkan fakta. Bagi calon konsumen, teknik broadcasting cukup efektif sebagai langkah berpromosi supaya mereka tertarik dengan produk tersebut.

Dibandingkan media cetak, media broadcasting memiliki kemampuan lebih cepat karena peristiwanya langsung atau kekinian. Di sisi lain menyampaikan pesan berulang-ulang agar cepat menjangkau masyarakat luas bisa saja malah menimbulkan konflik.

Perbedaan Email dan Broadcast WhatsApp Untuk Marketing

Pada sesi acara Sarapan Bareng IIDB (Ibu-ibu Doyan Bisnis) hari Kamis, 18 Agustus 2022, pukul 07:00, Teh Indari Mastuti sebagai founder IIDB mengundang Koh Denny Santoso untuk sharing lagi soal Tribelio.
Kali ini beliau ditemani oleh chief Darma untuk memberikan tutorial memanfaatkan Tribelio WhatsApp broadcast untuk marketing.

Teman-teman yang berlangganan membeli produk melalui website sebuah brand, biasanya kita akan mendapatkan informasi produk-produk baru melalui email. Email kita tersebut menjadi sasaran broadcast karena kita membuat akun email untuk masuk ke website brand.
Informasi seperti inilah yang dimaksud dengan broadcasting, karena secara serentak, informasi disebarluaskan ke seluruh pemilik email yang sebelumnya membuat akun. Broadcasting seperti ini lazim dilakukan oleh brand, selain memberikan informasi juga menjalin kedekatan dengan konsumennya.

Perbedaan broadcast melalui email dibandingkan melalui WhatsApp (WA), tentu saja WA lebih dekat lagi dengan konsumen. Apalagi biasanya WA lebih sering diakses oleh konsumen dibandingkan email.

Langkah Membuat Link WhatsApp ke Landing Page Tribelio

alur landing page tribelio
alur landing page, sumber: zoom Sarapan IIDB & Tribelio

Menurut Denny Santoso foundernya, Tribelio Page adalah sebuah platform berbasis komunitas yang dapat membantu perancang konten, pebisnis, dan pemilik brand untuk menguatkan jejaring serta mengenalkan produk ke publik.

Penasaran langkah agar kita bisa melakukan broadcast ke pelanggan produk kita, bukan?
Sebelumnya tentu saja, teman-teman harus membuat terlebih dahulu landing page di Tribelio.

Langkah Membuat Landing Page Tribelio:

1-Buka website Tribelio.com
2-Buat Creator Account Tribelio yaitu akun yang harus kamu punya untuk membangun Tribe (komunitas) serta mengatur dan mengakses fitur yang ada di Tribelio
3-Klik “Login” jika kamu sudah memiliki akun Tribelio atau “Sign up” jika kamu belum memiliki akun Tribelio
4-Klik “Profile”, lalu klik “Create Creator Account”
5-Pilih “Verifikasi Email” pada Registrasi Creator Account
6-Tribelio akan mengirimkan email verifikasi ke email yang kamu daftarkan. Buka email kamu lalu klik “Verifikasi Akun Saya”
7-Buka kembali menu Registrasi Creator Account, lalu Refresh halaman tersebut
8-Isi “Name” Creator Account kamu dan pilih domisili kamu saat ini
9-Klik “Create” sesuai kreativitas masing-masing. Sertakan juga Sign Up Form, untuk menjaring data base dari calon konsumen
10-Selanjutkan, pilih plan untuk Creator Account kamu. Terdapat pilihan Free Plan, Basic Plan, atau Premium Plan
11-Landing Page ini merupakan landing page ke-1 atau Lead Magnet

Langkah Membuat Tribelio WhatsApp Broadcast:

1-Buat Landing Page ke-2 yang isinya penawaran (One Time Offer). Misalnya promosi produk kamu berkaitan dengan Ramadan, 17 Agustusan, Hari Belanja Online, Tahun Baru, dan lain-lain
2-Buat gambar menarik yang menampilkan promo produkmu susun Landing Page sesuai kreativitas kalian
3-Ada baiknya juga menyiapkan Instant Payment, untuk memfasilitasi ada yang closing atau melakukan pembayaran
4-Tambahkan tombol konfirmasi pendaftaran dengan mencantumkan link instan WA melalui aplikasi https://www.wasap.at/
5-Arahkan konsumen untuk klik tombol Konfirmasi Sekarang. Kalau diklik maka akan langsung diarahkan ke WA
6-Selanjutnya untuk melakukan Tribelio WhatsApp broadcast, daftarkan no WA kalian agar dikonfirmasi sebagai WA pengirim broadcast
7-Masukkan nomor-nomor WA konsumen ke data base WA Tribelio
8-Bila no WA sudah dikonfirmasi maka kalian bisa membuat Schedule (jadwal) kapan akan mengirim broadcast ke konsumen

Penutup

tribelio landing page

Tribelio sangat memudahkan bagi UMKM atau pebisnis pemula untuk membuat landing page tanpa harus mempunyai website.

Fitur-fitur landingnya powerful dengan menggunakan konsep WYSIWYG dan fitur Add Widget. Kita pun bisa menambahkan header, logo, maupun identitas brand disertai dengan copy writing yang menarik. Semuanya cukup dengan klik tombol (+) saja.

Menggunakan WhatsApp sebagai sarana berpromosi bahkan mempersuasi konsumen agar melakukan closing sangat dimungkinkan dengan adanya Tribelio WhatsApp broadcast.

Saya akan mencobanya membuat landing page ke-2 untuk One Time Offer dan menawarkan bisnis penulisan buku dan konten.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar