Usaha Furniture Rumahan Jadikan Rumah Cantik Bikin Betah

Usaha Furniture Rumahan merupakan usaha furniture yang menerima pesanan secara custom. Artinya usaha jenis ini siap dipanggil ke rumah, menawarkan desain sesuai keinginan klien, mengukur ruangan, menawarkan pilihan material, kemudian memroduksinya.
Biasanya pebisnis yang mempunyai usaha furniture rumahan ini mempunyai workshop atau bengkel untuk mengerjakan pesanan-pesanan tersebut.
Berbeda dengan perusahaan furniture yang telah mempunyai jenama atau brand terkenal, usaha furniture rumahan tentunya mulai dari pembuatan, pemasaran, hingga penjualan dilakukan dari rumah secara mandiri.

Jenis furniture yang dapat dibuat meliputi meja, kursi, sofa, lemari, rak buku, partisi penyekat ruangan, kitchen set, dan sebagainya. Usaha furniture rumahan dapat dijalankan oleh siapa saja yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam pembuatan furniture.

Langkah-langkah untuk memulai usaha furniture rumahan antara lain:

  • Menentukan jenis furniture yang ingin dibuat
  • Memilih bahan dan alat yang diperlukan
  • Membuat desain furniture yang menarik
  • Menentukan harga jual yang sesuai dengan biaya produksi dan keuntungan yang diinginkan
  • Mempromosikan produk melalui media sosial atau platform e-commerce
  • Mengelola pesanan dan pengiriman produk secara efisien.

Pada awalnya, bisnis furniture rumahan dapat dijalankan dengan modal kecil, sehingga cocok bagi yang ingin memulai bisnis dengan modal terbatas. Namun, untuk mengembangkan bisnis tersebut, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas produk dan memperluas jangkauan pasar.

Daftar Isi

Persiapan Usaha Furniture Rumahan

Apabila ingin memulai sebuah usaha rumahan kita bisa mencoba untuk membuka usaha furniture di rumah. Tentunya perlu persiapan agar bisnis berjalan lancar dan menyiapkan dengan teliti.
Berikut yang perlu disiapkan:

Persiapkan Modal Usaha

Modal usaha yang harus disiapkan untuk menjalankan usaha ini tidak terlalu besar, asalkan modal tersebut cukup untuk membeli alat dan bahan baku yang dibutuhkan. Jika modal belum cukup, maka Anda bisa mencoba menjadi sales atau reseller furniture lebih dulu. Beberapa brand ternama menawarkan reseller dengan syarat-syarat tertentu.

Cerdik Dalam Membaca Peluang

Untuk memulai usaha ini kita diharuskan untuk lebih cerdik dalam membaca peluang. Terutama peluang yang ada disekitar rumah, jika dirasa sudah yakin dengan peluang tersebut maka bisa segera merealisasikan. Semua ide dan hasil pemikiran harus dipertimbangkn dan dianalisa ddengan matang agar usaha yang dijalankan dapat berkembang.

Memilih Target Pasar

Cara membuka usaha furniture selanjutnya adalah menentukan target pasar yang jelas terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan karena adanya banyak kompetitor dalam usaha furniture rumahan. Bisa juga kita menawarkan bisnis secara online melalui media sosial secara sistem PO (pre order). Cara ini dianggap lebih ekonomis, daripada membuat terlebih dahulu furniture kemudian baru ditawarkan.

Selalu Menjaga Kualitas Produk yang Dijual

Dalam menjalankan usaha furniture diwajibkan untuk menjaga kualitas dari produk yang dijual. Hal ini penting dilakukan mengingat banyaknya pesaing dalam usaha ini. Dengan menjaga kualitas produk yang dijual akan membuat konsumen puas dan pastinya loyal sehingga akan terjalin kerjasama dalam waktu yang lama.

Maksimal Dalam Melakukan Promosi

Tips terakhir agar usaha dapat dikenal banyak orang maka kita wajib melakukan promosi pada usaha yang sedang dirintis tersebut. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dan memasang iklan.
Ada beberapa pilihan media sosial untuk menawarkan usaha furniture rumahan, yaitu melalui:

  • Instagram
  • Tik-tok
  • Facebook
  • Youtube

Kualitas dan Harga Sebanding

Agar bisa menjangkau konsumen lebih banyak, maka kita juga harus cermat dalam menentukan harga dari kualitas yang dimiliki dari usaha mebel kecil tersebut. Seperti yang kita tahu, masyarakat kini sangat pintar dalam memilih barang yang mereka inginkan.
Untuk itu harga dan kualitas seharusnya sebanding dengan kualitasnya. Jika furniture ingin dijual dengan harga yang tinggi, maka sebaiknya mulai sedari diri untuk mengedepankan kualitas.

Selain itu, kualitas yang baik bisa membuat usaha mebel kecil kita mampu bersaing dengan pelaku bisnis lainnya dengan kualitas yang tentunya juga sebanding dengan harga yang ditawarkan.
Tentunya, hal ini akan menjadikan bisnis lebih unggul dan dipercaya oleh banyak konsumen.

Menjalin Kerja Sama

Sebagai pebisnis, kita harus memiliki trik strategi yang pas dalam usaha furniture rumahan yang kita kelola. Misalnya menjalin pertemanan dengan rekanan developer di bidang properti, misalnya perumahan, apartemen, hotel, kos-kosan, ruko, dan lain-lain.
Menawarkan usaha kita ke pemilik tempat kursus, sekolah, lembaga pendidikan, restoran, café, dan banyak lagi, yang sekiranya bisa kita buatkan furniture produk kita.

Hal ini tentu harus diketahui bahwa pasti sebuah perusahaan di atas akan membutuhkan furniture untuk menunjang bisnis mereka.

Maka dari itu, peluang usaha bisnis kecil sangatlah tinggi mengingat banyak sekali bidang usaha lain yang membutuhkan produk ini.

Bahan Baku

Usaha mebel sudah pasti sangat bergantung dengan bahan baku kayu, rotan, besi, stainless steel, plastik, atau komponen penunjang lainnya.
Bahan kayu pun sekarang ada pilihan berupa jenis-jenis kayu solid atau kayu lapis (plywood).
Perlu diperhatikan soal bahan baku ini adalah sistem penyimpanan yang apik dan perlu dilindungi dengan sistem pemadaman kebakaran yang prima.
Sering terjadi, penyimpanan yang ceroboh, rentan terhadap bahaya kebakaran. Apalagi dengan cuaca panas ekstrim seperti sekarang ini, hawa kering dan angin kencang, mudah sekali memicu terjadinya kebakaran.

Tenaga Kerja

Berbisnis di bidang usaha mebel tentu membutuhkan tenaga kerja. Pastikan dalam menjalankan bisnis ini, didukung oleh tenaga kerja yang terampil.
Selain tenaga kerja terampil sebagai pelaku usaha juga perlu memerhatikan kesejahteraan dan jaminan keselamatan kerja. Perhatiaan terhadap hal-hal kecil akan membuat karyawan betah dan menghasilkan produk yang berkualitas.

Jenis-jenis Usaha Furniture Rumahan

usaha furniture rumahan
usaha furniture rumahan untuk mengisi apartemen, sumber: Vecislavas Popa

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha furniture rumahan yang dapat dilakukan:

Usaha pembuatan furniture custom

Ini adalah jenis usaha di mana furniture dibuat sesuai dengan pesanan pelanggan, baik itu untuk rumah tinggal, kantor, atau tempat bisnis lainnya. Dalam usaha ini, pelanggan dapat memesan furniture dengan desain, ukuran, dan bahan yang diinginkan.

Usaha pengolahan limbah kayu menjadi furniture

Usaha ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan limbah kayu dari berbagai jenis, seperti kayu bekas konstruksi, palet, atau kayu sisa produksi. Dalam usaha ini, kreativitas dalam mengolah limbah kayu menjadi furniture yang unik dan menarik menjadi kunci keberhasilan.

Usaha furnitur second-hand

Usaha ini menjual furniture bekas yang masih dalam kondisi baik, dengan harga yang lebih terjangkau daripada furniture baru. Pelanggan yang menginginkan furnitur berkualitas dengan harga yang terjangkau dapat menjadi target pasar dalam usaha ini.

Usaha furnitur minimalis

Usaha ini fokus pada pembuatan furniture dengan desain yang simpel dan minimalis. Furniture minimalis sering menjadi pilihan pelanggan yang menginginkan furnitur dengan desain modern dan elegan.

Usaha furnitur daur ulang

Usaha ini memanfaatkan barang-barang bekas yang masih dapat dimanfaatkan, seperti ban mobil, kayu bekas, dan lain-lain, untuk dijadikan furniture yang kreatif dan unik. Usaha ini menarik bagi pelanggan yang peduli dengan lingkungan dan menginginkan furnitur yang ramah lingkungan.

Penutup

Usaha furniture rumahan bila ditekuni bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Apalagi trend mode selalu silih berganti. Pebisnis yang jeli dengan perubahan trend gaya furniture dan mengikuti zaman kemungkinan besar akan selalu menerima pesanan.

Trend rumah kecil dan simpel cenderung harus menggunakan furniture multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan fleksibel.

Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://dayacipta.co.id/dnews/61/tips-memulai-usaha-furniture-rumahan-beserta-persiapannya.html
https://zahiraccounting.com/id/blog/usaha-mebel-kecil/

29 pemikiran pada “Usaha Furniture Rumahan Jadikan Rumah Cantik Bikin Betah”

  1. usaha furniture sekarang lagi hype ya teh, apapun jenisnya. mau custom, daur ulang atau furniture second yang direstorasi. masyarakat mulai aware nih terkait desain dan fungsi furniture. apalagi yang berbahan kayu jati belanda atau pinus. lagi marak nih dan prospek usahanya bagus. beberapa teman punya usaha furniture yang kebanyakan menggunakan bahan utama kayu pinus, plywood dan sedikit kayu jati tergantung pesanan. tapi si kayu pinus tetep jadi primadona. urat kayunya bagus, warna segar dan begitu di vernish bagus kelihatannya apalagi yang dibakar. saya sendiri pencinta kayu pinus sih untuk furniture terutama rak, meja dan meja gambar. hasil vernishnya bagus dan smooth (tergantung jenis vernish yang digunakan pengrajin). Saya punya langganan tetap di shopee yang biasa custom. udah cocok dengan hasilnya dan harganya, hehe.

    Balas
  2. Dosenku dulu ada yang hobi nukang, Mbak. Di luar jam kantor beliau bikin furnitur macam-macam. Kalau ke rumah beliau buat bimbingan, biasanya dia lagi di bengkelnya. Hehe…. Adek sepupuku juga punya usaha furnitur kecil-kecilan karena hobi nukang.

    Balas
  3. Ini tuh bisnis yg menjanjikan loh, nggak harus punya modal besar, nah temenku berawal usaha jastip furniture, ternyata keuntungannya lumayan juga kalau ditelateni

    Balas
  4. saya paling senang kalau udah bahas soal furniture dan kepikiran nanti punya usaha di bidang ini mba dan pastinya tulisannya bermanfaat sekali untuk saya kak

    Balas
    • Yap lumayan jg karena kan ini barang yg dibutuhkan. Apalagi populasi penduduk bertambah, ada pernikahan dan muncul rumah baru yg butuh furnitur. Kalau di tempat asal saya, ada desa khusus penghasil furnitur. Kualitas kayunya bagus sehingga bisa sampai ekspor gitu. Keuangan masyarakat jadi membaik jg

      Balas
      • Banyak yang mendapatkan manfaat dengan usaha furniture rumahan ini ya.
        Yang punya usaha bisa menyerap tenaga kerja, yang mau furniture terjangkau berkualitas dengan desian menarik juga mudah didapatkan.

        Balas
  5. Pastinya sangat tebuka peluang untuk usaha furniture rumahan, ya. Apalagi model, ukuran, dan sebagainya bisa sesuai pesanan. Yang penting terus promosi dan menjaga kualitas. Apalagi promo sudah dibantu dengan media online. Para pemesan semakin suka. Selain pas dengan ukuran rumah, juga akan berbeda

    Balas
  6. Makin berkembangnya dunia interior menjadi menambah variasi juga di bidang furniture. Salah satu kebutuhan pelengkap rumah tangga ini memang harus dipertimbangkan hehe

    Balas
  7. Sepertinya usaha furniture emang belum banyak dilirik ya. Tapi sekali jadi pelakunya, bisa kaya dan memiliki keuntungan besar seperti bisnisnya presiden Jokowi itu

    Balas
  8. Saya jadi inget sama tetangga saya yang punya usaha furniture. Awalnya beliau memanfaatkan beranda rumahnya tapi seiring waktu akhirnya bisa sewa ruko. Memulai bisnis apapun termasuk bisnis furniture memang harus pake ilmu dan persiapan yang matang

    Balas
  9. Kebetulan lagi nyari orang yang punya usaha furniture yang cocok buat nyicil isi rumah yang sedang kami bangun. Istri ngidam banget pengen pake partisi penyekat antar ruangan, mudah-mudahan berjodoh dapat yang pas

    Balas
  10. Furniture emang jadi salah satu bisnis yang ngga ada matinya karena emang orang doyan ganti desain interior rumah setiap tahun biar ngga bosen. Kayanya yang secondhand juga lagi rame peminatnya sih

    Balas
  11. Aku paling jatuh cinta sama custom furniture.
    karena memang beneran bisa bikin rumah cantik dan fit buat konsep ruangan yang kita rancang. Memang usaha apapun kudu punya modal awal sih ya.. Semoga dengan ide yang unik, bisa menekan berbagai biaya dan custom furniture bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang diminati.

    Balas
  12. Jaga kualitas barang ini penting banget. Bagaimana agar tetap bermutu tinggi dan juga kestabilan harganya ya, sehingga kustomer gak lari

    Balas
  13. Peluang usaha furnitur rumahan masih terbuka lebar ya, Ka. Apalagi saat ini banyak pasangan muda, yang suka minimalis juga. Pastinya jadi no peluang pasar tersendiri bagi yang mau menjalankan usaha furnitur rumahan

    Balas
  14. Bisnis furnitur ini emang menggiurkan sih. Selama masih ada manusia dan butuh rumah, furnitur ini akan selalu diperlukan. Tinggal disesuaikan dgn tren dan keinginan konsumen. Yg lbh bgs lagi sih soal furnitur yg bs didaur ulang. Keren nih ide bisnisnya.

    Balas
  15. furniture daur ualng dan custom, belakangan ini sepertinya sedang naik daun ya mbak. karena aku pun tertarik dengan barang ini hahaha, selain memiliki nilai artistisk, juga terlihat berbeda dan tentu saja ikut menjaga lingkungan

    Balas
  16. Banyak banget sekarang yang buka usaha furniture dengan design kekinian… Aku betah banget kalau lihat updatean orang-orang tentang dekor rumah yang berisikan furniture yang aesthtic gitu hehe

    Balas
  17. Ini tuh jadi usaha yang bisa mendatangkan banyak keuntungan sih kalo ditekunin, apalagi kalo model2ny uptodate dan timeless dah lah pasti banyak yang jatuh cinta.

    Balas
  18. Usaha furniture ke depannya bakalan bagus nih, apalagi di zaman sekarang, banyak banget rumah yang aesthetic. Tentunya juga berkat usaha furniture. Noted nih tipsnya.

    Balas

Tinggalkan komentar