Hobi Merangkai Bunga, Healing Indah Jadi Cuan

Hobi Merangkai Bunga – Sepertinya jarang ya ada orang yang hobi merangkai bunga. Kalau pun punya halaman yang ditanami bunga, biasanya oleh pemiliknya dibiarkan saja di taman. Adapula orang yang suka dengan rangkaian bunga tetapi membelinya siap jadi dari toko bunga atau florist.

Padahal hobi merangkai bunga adalah kegiatan yang begitu kreatif dan menenangkan. Kamu bisa memilih berbagai jenis bunga yang berbeda warna, ukuran, dan tekstur untuk menciptakan tatanan yang indah. Kamu bisa membuat rangkaian bunga yang besar dan mencolok, atau mungkin yang lebih kecil dan simpel saja.

Daftar Isi

Jenis-jenis Rangkaian Bunga

Bagi kalian yang baru mulai hobi merangkai bunga, terdapat beragam jenis rangkaian bunga yang bisa kamu ciptakan.
Merangkai bunga bisa dikategorikan sebagai seni, karena ada rasa, selera, dan komposisi dalam menyusun rangkaian bunga tersebut.

Walaupun demikian, seni merangkai bunga tidak harus melulu menggunakan bunga dan bahan-bahan berharga mahal. Beberapa bahan di sekitar kita, seperti dedaunan unik dan menarik, bisa menjadi komponen untuk merangkai bunga.
Buket bunga rangkaian bisa dijual minimal Rp 100.000.

Berikut adalah beberapa jenis rangkaian bunga:

Buket

Kumpulan bunga yang diikat bersama dengan tali atau pita. Ada banyak gaya buket, seperti buket bundar, buket tangan, atau buket terurai.

Buket sering menjadi asesoris penting mempelai perempuan pada saat pernikahan yang indah dipegang di tangan. Begitu pula saat wisuda, sering dibawa oleh wisudawati yang diberikan oleh kekasih.

Aransemen Gubahan Bunga

aransemen gubahan bunga
sumber: pexels, skyler ewing

Biasanya terdiri dari bunga-bunga yang disusun dalam wadah atau keranjang, sering kali dipersembahkan dalam acara-acara khusus seperti pernikahan atau perayaan.

Gubahan bunga ini bisa juga diletakkan dalam vas atau wadah air untuk menjaga kesegaran bunga lebih lama. Bentuk vas pun bisa beraneka ragam, yang nantinya menjadi hiasan meja.

Komposisi antara bentuk vas, bentuk meja, hingga letak meja di ruangan bisa menjadi pertimbangan tersendiri. Hasil akhir komposisi tersebut bahkan bisa menjadi elemen penting pada interior.

Karangan Bunga

Karangan bunga, sering kita sebut krans bunga, biasanya berupa rangkaian bunga yang dipajang vertikal. Umum diberikan untuk acara kelulusan, naik pangkat, sebagai tanda penghormatan, hingga pada acara pemakaman seseorang.

Korsase

Korsase adalah rangkaian bunga kecil yang biasanya dipakai di baju atau tangan, umumnya dipakai dalam acara-acara formal seperti pesta atau pernikahan.

Sering disematkan pada jas mempelai pria, atau dijadikan gelang oleh pengiring pengantin.

Rangkaian Hiasan Dinding

Rangkaian bunga yang ditempel atau dipajang di dinding sebagai hiasan dekoratif. Supaya awet, kita bisa menggunakan bunga kering yang tidak kalah indahnya.

Seni Merangkai Bunga

seni merangkai bunga ikebana
ikebana, sumber: pexels, secret garden

Prinsip dasar dalam merangkai bunga yang perlu diperhatikan adalah komposisi (composition), keseimbangan (balance), proporsi (proporsional), irama (ritme), keserasian (harmoni) dan kesatuan (unity).

Seni merangkai bunga yang cukup populer berasal dari Jepang disebut Ikebana, yang artinya bunga hidup.

Seni merangkai bunga tradisional ini memiliki prinsip-prinsip yang sangat mendalam. Biasanya, ikebana tidak hanya mencakup bunga, tetapi juga ranting, dedaunan, dan bahkan batang atau cabang pohon.

Ada beberapa prinsip utama yang menjadi dasar dalam ikebana:

Asimetri

hobi merangkai bunga
komposisi asimetri, sumber: pexels, mikhail nilov

Ikebana sering kali menekankan pada ketidaksimetrisan yang sengaja diciptakan untuk menarik perhatian pada keindahan alami yang tidak sempurna.

Ruangan Kosong (Ma)

Konsep ruang kosong atau “ma” sangat penting dalam ikebana. Ini adalah ruang kosong di antara elemen-elemen aransemen yang memberikan harmoni dan keselarasan.

Tingkatan (Shin, Soe, Hikae)

Ini adalah prinsip yang berkaitan dengan tingkatan atau tinggi rendahnya elemen-elemen dalam ikebana.

Shin adalah elemen tertinggi yang melambangkan langit, Soe adalah elemen menengah yang melambangkan manusia, dan Hikae adalah elemen terendah yang melambangkan bumi.

Penggunaan Wadah

Pemilihan wadah atau vas untuk ikebana sangat penting dan sering kali dipilih berdasarkan musim, tema, atau estetika yang ingin dicapai.

Kalian bisa bekerja sama dengan seniman kriya keramik untuk mendesain wadah-wadah yang cantik.

Menilik seni merangkai bunga ala Ikebana ini bukan sekadar penyusunan bunga biasa, tetapi lebih ke arah ekspresi artistik dan spiritual.

Melalui setiap komposisi, ikebana mencoba untuk mengekspresikan keindahan alam dan menghormati keadaan alam semesta. Apakah kamu tertarik untuk belajar lebih dalam mengenai ikebana?

Jenis-jenis Bunga untuk Ikebana

Sebetulnya kita bisa memakai bunga apa saja, intinya memakai bunga hidup. Bisa memakai bunga-bunga khas Indonesia, seperti anggrek, mawar, mawar hutan, dahlia, lili, dan lain-lain.

Ikebana juga bisa menggunakan dedaunan, ranting, bahkan cabang pohon untuk menciptakan harmoni dalam tatanan seni yang dihasilkan.

Beberapa jenis bunga yang sering digunakan dalam ikebana meliputi:

Chrysanthemum (Kiku)

Bunga ini sangat penting dalam budaya Jepang dan sering digunakan dalam ikebana karena variasi warna dan bentuknya yang beragam.

Bunga Sakura (Cherry Blossoms)

Salah satu simbol musim semi yang paling dihormati di Jepang, bunga sakura sering digunakan dalam ikebana karena keindahan dan makna filosofisnya.

Bunga Plum (Ume)

Seperti bunga sakura, bunga plum juga memiliki makna budaya yang dalam di Jepang dan sering digunakan dalam ikebana.

Bunga Iris (Ayame)

Iris memiliki bentuk yang unik dan mempesona, serta sering digunakan dalam aransemen ikebana untuk menambah dimensi visual yang menarik.

Peony (Botan)

Bunga peony memiliki keindahan yang luar biasa dan biasanya melambangkan keberuntungan dan kemakmuran dalam seni ikebana.

Dedaunan dan Ranting

Selain bunga, dedaunan seperti daun maple, bambu, atau ranting dari pohon-pohon seperti pinus atau ek juga sering digunakan untuk menambahkan tekstur dan kontras dalam tatanan ikebana.

Memilih bahan-bahan yang tepat sangat penting dalam ikebana untuk menciptakan keseimbangan dan harmoni dalam aransemen.

Ketersediaan bahan-bahan ini juga sering kali bergantung pada musim atau tema yang ingin ditampilkan dalam ikebana.

Penutup

instagram florist
contoh instagram florist

Seni merangkai bunga adalah cara ekspresif untuk mengatur bunga dan tanaman lainnya dalam sebuah komposisi yang estetis. Ini adalah proses kreatif yang melibatkan penataan bunga, dedaunan, ranting, dan kadang-kadang bahan dekoratif lainnya untuk menciptakan tampilan yang indah.

Selain komposisi dari rangkaian bunga, kalian juga harus memperhatikan harmoni warna dalam memilih warna bunga dan elemen pendukungnya yang sesuai.

Hobi merangkai bunga tidak hanya tentang meletakkan bunga secara acak, tetapi juga tentang menyampaikan pesan, emosi, atau tema tertentu melalui komposisi bunga.

Hobi ini begitu mengasyikkan sehingga semacam healing dalam proses merangkainya.

Buat kalian yang juga mempunyai hobi berkebun tanaman hias, bisa juga dikembangkan menjadi hobi merangkai bunga.

Hobi ini bila dilakukan dengan serius bisa mendatangkan cuan loh. Kalian bisa berpromosi melalui media sosial dan menerima pesanan berdasarkan pre-order.

Semoga bermanfaat.

16 pemikiran pada “Hobi Merangkai Bunga, Healing Indah Jadi Cuan”

  1. Tangan tuh kalau uda nyeni, mashaAllaa yaa.. bisa menghasilkan rangkaian bunga yang cantik luar biasa. Aku pingin belajar ikebana, tapi ya tetep aja ada “tapi”nya, hehehe…
    Kudu belajar mengenai filosofi dan makna bunga warna serta komposisi. Ini seru sih ya.. bener-bener kudu memahami karakter yang dikirimin bunga sama untuk pesan apa yang hendak disampaikan sang pengirim.

    Balas
  2. Aku jadi ingat ikebana, dulu sering baca-baca majalah tentang seni merangkai bunga Jepang ini, ternyata merangkai bunga ngak mudah ya, ada prinsip-prinsip yang harus diterapkan agar bunga yang dirangkai selaras dan memiliki harmoni yang indah. Bersyukur banget yang memiliki hobi merangkai bunga, karena dari aktivitas ini bisa menghasilkan cuan yang lumayan, bahkan bisa buka toko lho sekaligus menjual berbagai jenis bunga.

    Balas
  3. Cantik ranggkaian bunganya
    Saya juga suka merangkai bunga seperti ini, ingin ikut kursusnya ah suatu saat nanti, melihat rangkaian bunga yang cantik itu menenangkan dan menyenangkan lo

    Balas
  4. Merangkai bunga memang bukan sekadar menata atau menyusun bunga-bunga agar terlihat indah ya Kak. Seni merangkai seperti Ikebana sendiri ternyata mengandung begitu banyak nilai di belakangnya. Memang menyenangkan sih memandangi rangkaian bunga yang cantik-cantik itu.

    Balas
  5. Salah satu temanku, dulu resign, terus menekuni hobinya merangkai bunga. Jadi punya florist sekarang…Ide bisnis yang cuan ini. Apalagi saat ini memebrikan buket bunga di Indonesia sudah marak untuk berbagai acara

    Balas
  6. MasyaAllah ternyata dari ngerangkai bunga bisa ngehasilin lumayan juga ya. Dan pastinya ngerangkai juga ga gampang, tapi kalau mau belajar, pasti bisa terlewati.

    Balas
  7. Saya juga suka merangkai bunga dan di zaman sekarang hobi ini bisa jadi lahan bisnis ya mba, jadi cuan, jadi kita bisa menyalurkan hobi kita, bikin hati senang ditambah lagi ada tambahan cuan

    Balas

Tinggalkan komentar